Stikes Widyagama Bidan Harus Punya Kompetensi, Bukan Hanya Ijazah

Prosesi Wisuda Program Studi D Ill Kebidanan di STIKES Widyagama Husada, Sabtu (29/1/2022)

KBRN, Malang: Wisuda bukanlah purna tugas untuk berhenti belajar. Namun sebaliknya, ilmu yang sudah didapatkan di kampus harus dilanjutkan untuk digunakan menyelesaikan dan membantu masyarakat dalam menyelesaikanpermasalahan dan tantangan yang semakin kompleks di masa depan. 

Karenanya  belajar adalah sebuah peristiwa mental atau sebuah proses internal yang melibatkan kegiatan berpikir yang kompleks dan juga dorongan mental yang dikendalikan oleh otak dan kehalusan budi untuk diniatkan membantu sesama.

Hal itu diungkapkan Ketua STIKES Widyagama Husada Dr. Rudy Joegijantoro, MMRS pada prosesi wisuda Program Studi D Ill Kebidanan di kampus setempat, Sabtu (29/1/2022).

Menurutnya,  wisudawan telah dibekali pengetahuan dan keterampilan yang memadai dan dengan empat kecerdasan: spiritual, intelektual, sosial, dan emosional. 

"Kami yakin para lulusan dapat segera mengintegrasikan diri dengan lingkungan, memanfaatkan dan menciptakan kesempatan, dan mampu berkompetisi secara sehat dan sportif," ujarnya.

Menurutnya, wisudawan tidak boleh hanya mengandalkan pada ijasah belaka, tapi kompetensi dari perolehan ijasah tersebut harus terus dikembangkan melalui peningkatan kemampuan dan ketrampilan diri secara lebih kreatif dan inovatif sebagaimana tuntutan kebutuhan dunia kerja termasuk di dalamnya informasi dan kemampuan berorganisasi. 

Selain itu juga dituntut mempunyai penguasaan kepribadian dan etika berkomunikasi yang baik, dan attitude yang merupakan salah satu pintu sukses masuk ke dunia kerja.

Pada wisuda tahap dua di tahun akademik 2020/2021 ini, STIKES Widyagama Husada meluluskan sebanyak 23 tenaga D3 Kebidanan, sehingga jumlah total lulusan sampai dengan tahun 2021 adalah sebanyak 2.132 lulusan.

"Selain wisuda,  sumpah profesi bidan sebagai legalisasi telah lulus secara akademik maupun lulus uji kompetensi profesi juga dilakukan," ucapnya.

Ditambahkan, pada tahun ini, sudah berlakukan kelulusan exit-exam untuk lulusan bidan, jadi mahasiswa baru bisa dinyatakan lulus jika sudah lulus di tahap pendidikan dan lulus uji kompetensi Bidan Indonesia (UKBI).

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar