Perlu Kolaborasi, Maksimalkan Cold Storage dengan EBT di Malang Selatan

KBRN, Malang : Kelompok Nelayan Bina Karya Mina Pantai Kondang Merak, Desa Sumber Bening, Kecamatan Bantur Kabupaten Malang berharap ada kolaborasi untuk memaksimalkan penyediaan cold storage untuk menyimpan hasil tangkapan ikan di pesisir Malang Selatan, dengan menggunakan Energi Baru Terbarukan (EBT). 

"Kami mendorong ada kolaborasi antara pemerintah, akademisi, swasta, masyarakat, dan sejumlah pihak untuk lebih perhatian terhadap daerah-daerah terpencil yang tidak terjangkau jaringan listrik PLN," ungkap Ketua Kelompok Nelayan Bina Karya Mina, Pantai Kondang Merak, Desa Sumber Bening, Kecamatan Bantur Kabupaten Malang, Aral Subagyo, Senin (24/1/2022).

Ia menjelaskan selama ini warga mencari cara pemenuhan kebutuhan energi listrik rumah tangga menggunakan genset dan alternatif pilihan lain, seperti energi terbarukan yaitu Tenaga Surya. Bahkan, saat ini hasil kolaborasi semua pihak telah tercipta freezer tenaga Surya. 

" Dengan menerapkan dan mewujudkan energi baru terbarukan didasarkan pada kebutuhan warga sekitar, berupa penerangan, pompa air, hingga penyimpanan ikan, " urainya. 

Ia mengatakan hingga kini progress implementasi energi baru terbarukan untuk nelayan masih pada penggunaan daya untuk freezer pembuat es batu, hanya mampu 1 freezer 24 jam tersedia dan 1 freezer duduk untuk siang, serta beberapa lampu penerangan. 

Kata dia, penggunaan daya energi tenaga Surya berbeda dengan penggunaan energi listrik dari PLN. Tenaga Surya harus dihitung dengan benar untuk beban yang digunakan, karena menyesuaikan dengan peralatan yang menghasilkan energi dan penyimpanannya. 

Sebab itu perlu kolaborasi untuk memaksimalkan energi baru terbarukan tersebut agar bisa digunakan maksimal untuk cold storage penyimpanan ikan hasil tangkapan nelayan.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar