Tingkatkan Skill Guru-Siswa, MGMP Tata Boga Kota Malang Gelar 'Sharing Knowledge Skill’

KBRN, Malang: Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) Tata Boga Kota Malang menggelar kegiatan bertajuk 'Sharing Knowledge Skill Culinary'. Kegiatan yang digelar di SMKN 3 Malang pada 18 hingga 20 Januari 2022 ini bekerjasama dengan Association of Culinary Professionals (ACP).

"Kegiatan ini sebenarnya menyasar para guru untuk meningkatkan skill mengajar tata boga. Namun pihak ACP menginginkan ada chemistry antara guru dan siswa, maka kegiatan ini juga diikuti perwakilan siswa," kata Ketua MGMP Tata Boga Kota Malang, Widha Ayu Rima Merdika di sela kegiatan, Kamis (20/1/2022).

Ia mengungkapkan, sebenarnya kegiatan tersebut ada dalam program kerja MGMP Tata Boga. Namun dikarenakan selama dua tahun terakhir kegiatan vakum karena pandemi Covid-19, sehingga baru bisa dilakukan pada awal tahun ini.

"Jadi ini reborn setelah dua tahun dilanda pandemi. Antusiasmenya sangat tinggi, tak hanya guru dan siswa dari Kota Malang, tetapi juga ada perwakilan dari Kabupaten Malang, Mojokerto, dan Kediri. Total ada 26 peserta dari 13 sekolah," tuturnya. 

Ronald Silvano, pemateri perwakilan Association of Culinary Professionals mengungkapkan, kegiatan sharing knowledge ini sebenarnya merupakan salah satu persiapan untuk lomba kompetensi. 

"Kita rumuskan bagaimana trik supaya bisa mendapatkan poin lebih untuk penilaian di lomba kompetensi," ujar chef Ronald.

Adapun sejumlah materi yang diberikan meliputi teori finger food dan thick soup, teori variation fish main course, dan teori variation duck main course.

"Lebih banyak menekankan praktik. Karena ini juga melibatkan guru dan siswa, diharapkan untuk lebih mendekatkan siswa dengan guru, meningkatkan kompetensi, dan peningkatan skill untuk kompetisi. Karena dalam kompetisi, item yang dinilai adalah selain kompetensi juga hasil yang lebih menonjol," tandasnya. 

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar