Pertama di Jatim, UB Bakal Buka Prodi Magister Ilmu Pemerintahan

KBRN, Malang : Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Brawijaya (FISIP UB) akan membuka program studi Magister Ilmu Pemerintahan. Saat ini proses pendirian tersebut sedang dalam tahap pengajuan perizinan.

Hal tersebut diungkapkan Ketua Jurusan Politik, Pemerintahan, Hubungan Internasional (PPHI) FISIP UB, Aswin Ariyanto Azis SIP, MDevSt. Menurutnya, pendirian prodi S2 Ilmu Pemerintahan adalah salah satu program kerja dari jurusan PPHI.

“Ada dua hal alasan kenapa prodi S2 Ilmu Pemerintahan layak untuk didirikan. Pertama karena permintaan masyarakat yang secara berkelanjutan menanyakan mengenai potensi studi lanjut di S2 Ilmu Pemerintahan UB. Apalagi akreditasi S1 Ilmu Pemerintahan di UB sudah A sehingga dirasa mumpuni jika membuka prodi S2,” ungkap Alumni Magister The University of Melbourne ini, Kamis (20/1/2022).

Faktor kedua, sambung Aswin, adalah tentang kekhasan. Jika prodi S2 Ilmu Pemerintahan UB disetujui, maka akan menjadi satu-satunya kampus negeri di Jawa Timur yang memiliki magister ilmu pemerintahan.

“Tentu jika sudah berdiri maka akan memudahkan stakeholders terkait yang ingin melanjutkan S2 secara linier tentang ilmu pemerintahan atau ASN yang memang berhubungan erat dengan kajian Ilmu Pemerintahan,” kata Aswin.

Aswin menambahkan,  saat ini proposal pendirian prodi S2 Ilmu Pemerintahan UB sedang menjalani proses review di tingkat universitas yang selanjutnya akan melangkah ke tingkat kementerian.

“Kemungkinan besar akan dibuka semester ganjil tahun akademik 2022/2023. Tetapi jika proses review berjalan cepat, tim pendirian S2 sudah mempersiapkan untuk antisipasi pembukaan S2 Ilmu Pemerintahan pada semester genap tahun 2022 ini,” sambung alumni Universitas Hasanuddin Makassar ini.

Aswin yakin prodi S2 Ilmu Pemerintahan ini akan banjir peminat, sebab mendapatkan dukungan kelembagaan di tiap level.

“Selain itu juga menggunakan jejaring prodi, baik dari lulusan maupun pengguna lulusan. Karena jejaring ini memudahkan kami juga untuk rencana sosialisasi pendirian S2 Ilmu Pemerintahan di UB,” tandasnya.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar