FOKUS: #TANGGAP BENCANA

Minimalisir Korban Bencana, Dosen Unisma Ciptakan EWS Berbasis IoT

KBRN, Malang : Prihatin dengan jumlah kejadian bencana yang menyebabkan banyaknya korban jiwa membuat Dosen Universitas Islam Malang (Unisma) Hadi Aplriliawan STP, MP menciptakan alat deteksi dini Early Warning System (EWS) yang berbasis Internet of Thing (IoT).

"Ini bukan prototype, tetapi sudah menjadi alat untuk deteksi bencana dan sudah terpasang di beberapa wilayah, seperti di Jember," jelasnya, Senin (17/1/2022).

Dalam penciptaan alat tersebut, Hadi mengaku dibantu oleh kurang lebih 40 mahasiswa dan bekerjasama dengan Universitas Negeri Jember (Unej) dan Metro Mesin.

"Kami menerapkan three-parted atau tiga bagian yakni Unisma, Unej dan Metro Mesin, serta puluhan mahasiswa. Ews yang kami ciptakan memiliki basic teknologi informasi yang terkoneksi dengan handphone, sehingga disampaikan secara real time," katanya.

Hadi menambahkan, pihaknya telah melengkapi sistem keamanan dari pencurian hingga daya tenaga dari  alat deteksi tersebut.

"Dari sisi keamanan, telah dilengkapi dengan daya kejut listrik yang dikontrol oleh handphone dan alat tersebut telah terpasang solar cell," tambahnya.

Sementara itu, Rektor Unisma Prof. Maskuri menerangkan bahwa, kemajuan teknologi informasi mendorong perguruan tinggi harus berinovasi untuk berdaya saing global.

"Penciptaan ini menjadi bagian produk inovasi dari perguruan tinggi untuk berdaya saing global, kami juga akan bekerjasama dengan lembaga terkait untuk memperkenalkan alat ini, seperti BMKG," terangnya.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar