Bazis UB Salurkan Bantuan Dana Usaha untuk Kaum Dhuafa

KBRN, Malang : Badan Amal, Zakat Infaq dan Sedekah Universitas Brawijaya (Bazis UB) menyalurkan bantuan dana usaha bergulir untuk kaum dhuafa di sekitar lingkungan kampus. Total bantuan yang disalurkan senilai Rp 5 juta. Penyaluran ini bekerjasama dengan Pondok Pesantren Mahasiswa Tanwir Al Afkar. 

“Kegiatan ini dilakukan untuk pemberdayaan ekonomi umat terutama untuk yang kesulitan pendanaan,” kata Direktur Bazis UB, Prof. Dr. Ir Imam Santoso, MP., Senin (6/12/2021). 

Menurutnya, di tahp awal ini dilakukan identifikasi pada 10 orang yang bisa mendapatkan bantuan. Namun jika selanjutnya masih ada yang butuh bantuan, bisa segera dipertimbangkan untuk ditambah jumlahnya.

“Meski per orang mendapatkan Rp 500 ribu, tetapi ini bisa menjadi modal awal untuk mengembangkan usahanya,” tutur pria yang juga Dekan Fakultas Teknologi Pertanian (FTP UB) ini.

Dia berharap program ini mampu menjadi lebih besar. Pihak Bazis UB siap terus memberikan dukungan apalagi penerima bantuan juga merupakan warga di sekitar lingkungan kampus.

"Semoga program ini makin besar apalagi program ini juga dijalankan di sekitar UB," tandasnya.

Sementara itu, pengasuh Ponpes Mahasiswa Tanwir Al Afkar, Akhmad Muwafik Saleh mengungkapkan, penerima dana bantuan adalah jemaah pengajian yang selama ini dilakukan oleh pihak Ponpes.

"Penerimanya adalah para jemaah kami. Nanti dana dari Bazis UB kami wujudkan dalam barang yang dibutuhkan untuk membuka usaha mereka," kata dia.

Ia menambahkan, dana bantuan tahap pertama yang diberikan oleh Bazis UB ini direncanakan juga bisa menjadi modal awal bagi Ponpes Tanwir Al Afkar untuk memberikan modal bagi jemaah yang lain.

"Jadi nanti kami minta 10 orang yang menerima dana tahap pertama ini untuk sedekah harian. Misal Rp 2 ribu saja per hari, maka kalau sebulan sudah Rp 60 ribu per orang, dan ada Rp 600 ribu per bulan. Dari sedekah ini kami kemudian akan kembalikan ke jemaah sebagai modal usaha," pungkasnya. 

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar