Percepat Akselerasi Pendidikan, UMM Gandeng FURB Brazil

KBRN, Malang : Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) menjalin kerjasama dengan Universidade Regional de Blumenau (FURB) Brazil. Agenda yang dilangsungkan secara daring tersebut dihadiri oleh Duta besar Indonesia untuk Brazil H.E Edi Yusup.

Dalam kesempatan itu, Edi memberi apresiasi atas kerjasama yang dibangun oleh kedua universitas. Menurutnya, agenda ini adalah inisiatif yang strategis dalam sektor pendidikan. Salah satunya adalah untuk menjembatani hubungan baik antara Indonesia dan Brazil.

“Saya juga mendorong kedua institusi untuk terus mengeskplor dalam berbagai hal. Mulai dari pengadaan riset, joint research, kesehatan, agrikultur hingga ekonomi digital. Edi juga mendorong keduanya untuk mengembang penelitian dalam bidang renewable energy,” ujarnya. 

Sementara itu, Rektor UMM Dr. Fauzan, M.Pd. mengungkapkan bahwa tujuan kerjasama ini untuk mendorong semakin cepatnya kemajuan perguruan tinggi masing-masing. Utamanya di level internasional. Apalagi melihat potensi kedua universitas yang sama-sama bisa berkembang dengan baik.

“MoU dan MoA ini tidak hanya sebagai acara seremonial dan formalitas belaka. Namun esensi penting yang harus dipahami adalah implikasi dan aplikasi setelahnya. Bagaimana kedua belah pihak bisa saling membantu dalam rangka memajukan dan mencapai target masing-masing,” jelasnya.

Fauzan juga menyampaikan bahwa UMM telah membangun kerja sama dengan berbagai institusi dari 24 negara. 

“Kerjasama ini merupakan extended program kerja sama UMM di Kawasan amerika latin. Semoga akan muncul banyak manfaat dari kerja sama antara UMM dan FURB ini,” tuturnya.

Pada kesempatan yang sama, Rektor FURB, Marcia Cristina Sarda Espindola mengaku senang dengan jalinan kerja sama yang sudah dirintis. Adapun UMM merupakan partnership pertama yang mereka bangun dengan Indonesia.

“Kolaborasi ini akan memberikan beragam manfaat. Tidak hanya bagi kedua universitas, tapi juga bagi Indonesia dan Brazil.  Maka, perlu adanya komitmen yang kuar agar bisa memberikan kesempatan untuk saling bertukar pikiran dan wawasan agar bisa lebih saling memahami,” tandasnya.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar