PWI Malang Raya Gelar UKW, Wartawan Harus Kompeten Skill dan Moral

KBRN, Malang: Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Malang Raya menggelar Uji Komptensi Wartawan (UKW) angkatan 37 dan 38 Jawa Timur. Harapannya, wartawan mampu meluruskan informasi dan mencerdaskan masyarakat di tengah simpang siur-nya informasi yang beredar sekarang. 

“Ruang publik sekarang begitu gaduh dengan begitu banyak informasi simpang siur, sehingga pers, wartawan memiliki tugas penting dan mulia untuk meluruskan dan mencerdaskan,” kata Ketua Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Jawa Timur Luthfil Hakim dalam sambutannya saat membuka UKW di Hotel Savana, Kota Malang, Jumat (3/12/2021).

Pria yang terpilih sebagai Ketua PWI Jatim periode 2021-2026 mengingatkan seluruh insan pers mengenai pentingnya kompetensi wartawan dalam menjalankan profesinya. Karena produk jurnalistik harus dibuat dengan teliti dan proporsional sehingga hasil beritanya dapat dipertanggung jawabkan.

“Wartawan harus berkompeten, tidak hanya mampu menulis berita, tapi harus berkompeten secara skill dan moral,” tegasnya.

Luthfil Hakim juga mewanti-wanti para peserta UKW agar setelah lulus dan dinyatakan kompeten sebagai wartawan dalam memframing angle berita, haruslah bertanggung jawab dan tetap berpegang teguh pada kode etik profesi.

Dalam kesempatan yang sama, Wakapolres Malang Kota AKBP Deni Hariyanto mengapresiasi dan mendukung sepenuhnya pelaksanaan UKW angkatan. Bahkan, siap untuk berkolaborasi dengan PWI Malang Raya untuk peningkatan kualitas dan kompetensi wartawan di Malang Raya selanjutnya.

“Bapak Kapolresta Malang Kota mendukung sepenuhnya, karena kompetensi ini sangat dibutuhkan oleh wartawan agar saat turun ke lapangan memiliki kemampuan teknis, dan dapat menjaga moral dan etika profesi,” jelas Wakapolres.

Ia berpesan agar ilmu yang diterima para jurnalis dapat diamalkan dalam kegiatan peliputan. Wakapolresta Malang Kota juga menyampaikan ucapan terima kasih kepada media pers dan wartawan di Malang Raya karena di saat Polri diuji dengan banyak berita miring, wartawan di Malang Raya membantu pemberitaan kegiatan kepolisian, termasuk pengungkapan kasus pelecehan seksual pada anak-anak yang sempat viral di media sosial.

UKW angkatan 37 dan 38 Jawa Timur diikuti 38 jurnalis dari Malang Raya dan beberapa kota di Jawa Timur, dari media cetak, media online, televisi dan radio.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar