Kaji Pembelajaran Alternatif, Dosen dan Mahasiswa UMM Susun Buku

KBRN, Malang : Sejumlah dosen dan mahasiswa Fakultas Psikologi Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) bersama-sama menyusun buku berjudul ‘Mencari Pedagogi Kritis’. Penyusunan buku tersebut sebagai salah satu upaya untuk mengembangkan literasi khususnya di bidang pendidikan.

Inisiator program, Ahmad Sulaiman, S.Psi., M.Ed. mengungkapkan, buku ini bermula dari acara bedah buku di Forum Baca Kritis, komunitas yang ia rintis. Adapun buku yang dibedah pada saat itu adalah buku berjudul ‘Pendidikan Kaum Tertindas’ karya Paul Freire. 

“Dari hasil dari rentetan diskusi-diskusi tersebut, munculah ide unutk menuliskan refleksi pedagogi kritis. Kemudian kumpulan tulisan dari dosen dan mahasiswa ini dijadikan satu menjadi buku,” katanya, Kamis (2/12/2021).

Menurutnya, buku ini bertujuan untuk mempopulerkan model pembelajaran pedagogi kritis. Model ini adalah alternatif pembelajaran yang memanusiakan para peserta didik. 

“Juga mendorong mereka untuk aktif dalam pembelajaran yang sedang dilaksanakan. Pedagogi kritis adalah model pembelajaran alternatif yang memanusiakan peserta didik dan mendorong untuk aktif pada kehidupan sekitar, sehingga mampu menciptakan solusi dan menumbuhkan rasa empati,” ungkapnya.

Hal lain yang ada dalam buku ini adalah bagaimana menentukanan pembelajaran yang dekat dengan kehidupan sekitar. Di samping itu, tujuan lain buku ini adalah meluruskan makna dan pengertian dari pedagogi kritis. 

“Mengingat makna yang selama ini tersebar di dunia maya berbeda dengan pengertian pedagogi kritis secara autentik. Dalam dunia maya, pedagogi kritis dipahami sebagai model pendidikan kritis terhadap kekuasaan, jadi ini perlu diluruskan,” kata dia.

Lebih lanjut, pria yang kerap disapa Humada mengungkapkan bahwa buku ini adalah karya pertama dari proyek pedagogi kritis, yang rencananya akan dilanjutkan perilisan buku kedua.

“Kami berharap karya ini bisa menginspirasi dosen, mahasiswa, serta masyarakat luas untuk bisa menulis buku sendiri. Tentu dengan adanya buku ini, ssmoga bisa semakin meningkatkan minat mahasiswa dan dosen untuk menulis,” jelas Humada.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar