Upaya Mitigasi Bencana, Fakultas Kedokteran UB Gelar Webinar ‘Mitigasi Bencana dalam Gedung’

KBRN, Malang : Upaya mitigasi bencana menjadi hal yang perlu dilakukan sebagai upaya pencegahan bencana. Mengingat letak geografis Indonesia yang menjadi daerah rawan bencana. Melihat hal itu, Badan Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (BPPM) Fakultas Kedokteran Universitas Brawijaya (FK UB) menggelar webinar bertajuk ‘Mitigasi Bencana dalam Gedung’ pada Rabu (1/12/2021).

Kegiatan yang dilakukan secara daring melalui platform zoom ini menghadirkan sejumlah pakar kebencanaan dan mitigasi bencana. Yakni dari Pusat Studi Kebumian dan Kebencanaan UB Prof. Adi Susilo serta Dr. Eng. Turniningtyas Ayu R., kemudian Ir. Heru Sufianto, M. Arch. ST yang membahas tentang tanggap kebakaran pada bangunan, Azwar Hamid,ST. M. KKK tentang keselamatan dan kesehatan kerja, serta dr. Yuddy Imowanto tentang hospital disaster planning.

Wakil Dekan III Fakultas Kedokteran UB, dr. Eriko Praweningtyas mengatakan, upaya mitigasi bencana menjadi hal yang mutlak dilakukan dengan melihat kondisi geografis Indonesia. Salah satunya upaya mitigasi bencana bangunan dalam gedung.

“Kita harus bisa melihat dan mengetahui apakah gedung kita sudah siap dan sudah responsif terhadap berbagai macam potensi bencana. Karena mau tidak mau kita harus melakukan upaya pencegahan,” katanya.

Ia berharap keilmuan soal manajemen kebencanaan ini dapat ditularkan pada generasi mendatang. Selain itu mitigasi, juga dapat menambah wawasan tentang bagaimana upaya penanganan bencana khususnya di Universitas Brawijaya.

“Semoga kegiatan ini bermanfaat, serta dapat menyadarkan posisi kita untuk siap dan hal penanganan bencana,” tandasnya. 

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar