ITN Malang Kembali Raih Anugerah Kampus Unggulan

KBRN, Malang : Institut Teknologi Nasional (ITN) Malang kembali meraih Anugerah Kampus Unggulan (AKU) pada tahun 2021. Raihan ini merupakan kedua berturut-turut setelah sebelumnya kampus biru juga mendapatkan anugerah serupa pada tahun 2020 lalu. AKU merupakan bagian dari fasilitasi peningkatan dan penjaminan mutu bagi kampus yang berada di bawah Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi Wilayah VII Jawa Timur.

Pemberian AKU bagi perguruan tinggi swasta dilaksanakan setiap tahun bertepatan dengan Rakerpim PT sejak tahun 2009, penghargaan ini dimaksudkan untuk memberikan dorongan dan motivasi bagi perguruan tinggi untuk meningkatkan kualitas pengelolaan kelembagaan dan sumber dayanya.

Rektor ITN Malang, Prof. Dr. Eng Ir Abraham Lomi, MSEE mengaku bersyukur ITN Malang menjadi kampus unggulan peringkat I untuk kategori institut. Selain mendapatkan AKU, kampus ini juga mendapatkan anugerah kampus unggulan bidang khusus.

“Kami mendapatkan tiga anugerah khusus, yakni peringkat I katagori Kualitas Pelaporan Terbaik, peringkat III katagori Implementasi MBKM Terbaik, dan peringkat IV katagori Kampus dengan Implementasi Sistem Penjaminan Mutu Internal (SPMI) Terbaik,” ungkap Lomi, Senin (29/11/2021). 

Menurutnya, raihan kali ini akan menjadi motivasi tersendiri bagi civitas akademika ITN Malang untuk semakin berprestasi dan meningkatkan mutu layanan pendidikan. Terutama dalam hal implementasi program Mereka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) yang dicanangkan oleh Mendikbud Ristek.

“Di ITN Malang juga dicanangkan MBKM, dimana mahasiswa diberikan keleluasaan untuk belajar di luar kampus selama 3 semester, dalam program ini mahasiswa ditekankan punya wawasan lebih. Saat ini kami punya 27 mahasiswa yang tersebar ke luar daerah untuk belajar,” katanya.

Ke depan, ITN Malang juga akan berupaya untuk memenuhi 8 poin Indikator Kinerja Utama (IKU), meskipun saat ini IKU tersebut masih ditujukan untuk perguruan tinggi negeri.

“Karena ke depan kriteria AKU akn sama dengan PTN, yakni mengacu pada IKU yang ada 8 poin. Sejauh ini meski dalam masa pandemi, kami senang karena prestasi mahasiswa tetap jalan. Di bidang akademik, riset dosen juga tetap jalan, tidak kalah saat proses perkuliahan dilakukan secara luring,” tandasnya.

Sebagai informasi, pada tahun 2021 ini merupakan perolehan AKU untuk ITN Malang yang ke 8 kalinya. Sedangkan predikat kampus unggulan sudah diterima sebanyak 13 kali berturut-turut sejak tahun 2009.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar