Tim UMM Borong Penghargaan di Kontes Robot Nasional

KBRN, Malang : Tim Dome Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) berhasil meraih penghargaan pada Kontes Robot SAR Indonesia (KRSRI) 2021. Setelah akhir bulan lalu berhasil meraih juara dua di tingkat regional, kali ini Tim Dome UMM berhasil membawa pulang tiga penghargaan di KRSRI 2021 level nasional yang diselenggarakan oleh Pusat Prestasi Nasional (Puspresnas) Kemdikbudristek.

Penghargaan tersebut meliputi juara satu nasional, juara desain terbaik, dan juara strategi terbaik. Dengan raihan penghargaan tersebut, UMM berhasil menyingkirkan 42 univeritas lain dari seluruh Indonesia.

Salah seorang anggota tim, Faizal Aditya mengatakan, pada tingkat nasional ini timnya melakukan beberapa perubahan pada robot SAR berkaki, salah satunya pada desain untuk pengangkatan korban. 

“Pada tipe yang lama, alat untuk mengangkat korban tidak terlalu kuat. Karena hal tersebut, kami menggantinya dengan alat yang lebih kokoh,” kata mahasiswa Program Studi (Prodi) Teknik Elektro ini, Selasa (19/10/2021).

Selain dari sisi desain, tim ini juga berusaha meningkatkan algoritma pendeteksi korban. Berbeda dari sebelumnya yang hanya mendeteksi korban sekali saja, algoritma baru ini akan mendeteksi korban sebanyak tiga kali. Hal ini akan menambah tingkat keakuratan dalam proses penyelamatan korban.

“Di kontes KRSRI tingkat regional kami sempat mengalami permasalahan akibat algoritma robot yang gagal mendeteksi korban. Maka dari itu di tahap nasional ini kami benar-benar memperhatikan bagian algoritmanya,” ujarnya.

“Dalam waktu satu minggu, kami melakukan tes berulang kali pada bagian algoritma. Tujuan kami dalam tes itu adalah 100 kali berhasil mendeteksi tanpa eror. Berkat perbaikan-perbaikan yang kami lakukan, robot SAR berkaki kami tidak memiliki kendala apa pun perlombaan,” imbuh mahasiswa asal Malang itu.

Dikarenakan masih pandemi Covid-19, maka kontes ini digelar secara online di universitas masing-masing. Acaranya sendiri disiarkan secara real time untuk selanjutnya dinilai oleh para juri. Pada perlombaan tersebut Faizal ditemani oleh tiga orang teman yaitu Muhammad Indra Pratama, Muhammad Ardy Rahman, dan Aditya Nugraha Putra dari Prodi Teknik Elektro.

“Ini pertama kalinya tim UMM dapat membawa tiga penghargaan dalam kontes KRSRI tingkat nasional. Semoga di lomba berikutnya UMM konsisten mempertahankan posisi juara,” pungkasnya.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00