FOKUS: #TANGGAP BENCANA ALAM

BMKG Malang Kenalkan Mitigasi Bencana pada Santri Ponpes

KBRN, Malang : Upaya edukasi soal mitigasi bencana terus dilakukan pada sejumlah kalangan. Kali ini, Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Stasiun Geofisika Malang melakukan sosialisasi dan edukasi soal mitigasi bencana pada ratusan santri di Pondok Pesantren Babussalam, Kecamatan Pagelaran, Kabupaten Malang, Kamis (14/10/2021).

Bertajuk 'BMKG Goes to School', kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan dan pemahaman kepada santri terkait cuaca, iklim, gempa, tsunami, dan bagaimana cara mengevakuasi atau melakukan penyelamatan dini ketika terjadi bencana terjadi, sebagai langkah awal mitigasi atau mengurangi resiko saat bencana terjadi.

Kepala BMKG Stasiun Geofisika Malang, Ma'muri mengungkapkan, kegiatan ini sebenarnya telah dilakukan oleh BMKG di sejumlah daerah. Namun biasanya digelar di sekolah umum.

"Ini merupakan yang pertama kali di Indonesia, edukasi pada santri di pondok pesantren. Selama ini kita belum pernah masuk ke ponpes. Harapannya, ilmu yang kita berikan tidak hanya diserap santri, tetapi juga diteruskan ke keluarga di rumahnya. Sehingga santri sebagai pionir dan penyampai di lingkungan keluarganya," ungkapnya.  

Selain edukasi soal mitigasi bencana, dalam kegiatan ini BMKG juga menyampaikan soal ilmu rukyatul hilal. Sehingga santri-santri di Kabupaten Malang semakin paham soal cara penghitungan rukyatul hilal pada momen tertentu, seperti penghitungan awal puasa Ramadan dan lebaran. 

"Kami berharap ke depan upaya edukasi pada santri ini tak hanya berhenti di Ponpes Babussalam, tetapi juga bisa dilaksanakan di ponpes lainnya," tandas Ma'muri. 

 

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00