100 Santri Babussalam Malang Disiapkan Menjadi Santri Tangguh Bencana

Santri Pondok Pesantren Babussalam Malang saat mengikuti sosialisasi mitigasi bencana dari BMKG Stasiun Geofisika. (Foto: Istimewa).

KBRN, Malang : Sekitar seratus santri Pondok Pesantren Babussalam, Pagelaran, Kabupaten Malang disiapkan menjadi santri tangguh bencana. Para santri diberikan sosialisasi mitigasi bencana oleh Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Stasiun Geofisika Malang. 

"Setelah diberikan materi sosialisasi mitigasi bencana ini, kami siapkan 100 orang yang akan mengikuti pelatihan agar  menjadi santri tangguh bencana, " kata Pengasuh Pondok Pesantren Babussalam, KH Thoriq bin Ziyad kepada RRI, Kamis (14/10/2021). 

Harapannya, santri yang diberikan pengetahuan dan pengalaman mitigasi bencana itu, mampu menjadi manusia yang mengabarkan awal atas potensi terjadinya bencana alam. 

" Sehingga sewaktu bencana terjadi santri bisa menjadi pioner dalam hal penanganan bencana, manfaat bagi masyarakat, " terang Gus Thoriq sapaan akrab KH Thoriq bin Ziyad. 

Thoriq yang juga penggagas Hari Santri itu menyebut, telah memikirkan titik evakuasi bagi santri agar saat bencana alam, para santri bisa mandiri dalam melakukan evakuasi.  

"Kami sudah berpikir jalur yang akan dilalui, antara lain menghindari jembatan," tandanya. 

"Kami berharap seluruh santri dan masyarakat Malang untuk sering berdoa, bagaimanapun musibah tidak bisa dijauhkan dari bencana, " pungkasnya.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00