Upaya Digitalisasi Antarkan Perpustakaan UMM Raih Penghargaan dari Perpusnas RI

KBRN, Malang : Upaya digitalisasi perpustakaan membuat perpustakaan Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) berhasil meraih penghargaan sebagah salah satu dari sepuluh kontributor data tertinggi portal Indonesia One Search (IOS) oleh pihak Perpustakaan Nasional Republik Indonesia (Perpusnas RI).

Kepala Perpustakaan UMM, Dr. Asep Nurjaman, M.Si. mengungkapkan jika selama ini  UMM sudah turut serta menjadi bagian dari IOS. Hal itu tidak lepas dari usaha UMM yang senantiasa mengembangkan digitalisasi perpustakaan. 

“Beberapa digitalisasi yang sudah dilakukan perpustakaan UMM seperti e-print serta digital library (Digilib). Keduanya berisi karya-karya para dosen dan mahasiswa yang sudah diubah menjadi bentuk digital,” ujarnya, Senin (20/9/2021).

Menurutnya, dengan upaya perubahan ini, banyak karya yang bisa diakses dengan mudah. Karena tidak harus berada di perpustakaan, masyarakat juga bisa mengakses karya-karya tersebut dari manapun melalui beragam platform.

“IOS menjadi salah satu platform penyedia karya tulis yang bisa diakses dengan mudah dan memberikan kontribusi yang cukup banyak di Indonesia,” kata Asep.

Pihaknya mengapresiasi kebijakan UMM mengenai internasionalisasi yang berdampak baik pada perkembangan setiap bagian yang ada di universitas, salah satunya perpustakaan. 

“Dengan begitu, kami terus berusaha melakukan transformasi bentuk printed menjadi digital. Di samping itu juga membangun sistem elektronik yang bersifat open source demi mewujudukan universitas bertaraf internasional,” tuturnya.

”Kami juga berupaya mengembangkan kemanfaatan dan penunjang produktivitas akademik. Seperti pendampingan yang dilakukan pustakawan dalam program sukses skripsi bagi para mahasiswa. Selain itu, adapula pendampingan penyusunan jurnal serta teknologi literasi seperti penggunaan Mendeley,” imbuhnya.

Ia menambahkan, pihaknya juga akan berusaha untuk membangun perpustakaan UMM yang lebih modern dengan meningkatkan kualitas pelayanan di semua aspek. 

“Kami berharap bisa meningkatkan kolaborasi dan bersama-sama melangkah maju untuk mewujudkan perpustakaan yang berkontribusi. Perpustakaan UMM sudah siap melangkah ke arah internasionalisasi sesuai dengan visi universitas yakni menjadi perguruan tinggi yang sejajar dengan universitas internasional lainnya,” pungkasnya.

Selain UMM, ada sembilan universitas lain yang mendapatkan penghargaan serupa. Semua dianggap menjadi kontributor terbanyak di platform IOS. Selain itu, sederet perguruan tinggi tersebut dinilai telah berhasil meningkatkan kegemaran membaca masyarakat melalui pendayagunaan perpustakaan. 

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00