Dekopinda Kabupaten Pasuruan Gelar Festival Koperasi 2022

Wakil Bupati Pasuruan, Mujib Imron berfoto bersama para pengisi stan bazar dan gelar produk dalam Harkop Festival 2022 di Kawasan Wisata Cheng Hoo Pandaan, Jumat (12/8/2022)

KBRN, Pasuruan : Wakil Bupati Pasuruan, KH. Abdul Mujib Imron (Gus Mujib) yakin Kabupaten Pasuruan akan menjadi Kabupaten Koperasi.

Keyakinan itu ia sampaikan saat membuka Harkop Festival 2022 dalam rangka memperingati Hari Koperasi Indonesia ke 75 di Kawasan Wisata Cheng Hoo Pandaan, Jumat (12/8/2022) sore.

Menurutnya, jumlah koperasi di Kabupaten Pasuruan mencapai lebih dari 1000 koperasi. Mulai dari koperasi wanita (kopwan), koperasi pondok pesantren, koperasi karyawan, koperasi simpan pinjam, koperasi unit desa dan koperasi lainnya.

Dari jumlah tersebut, apabila terus dikembangkan maka akan menjadi koperasi andalan. Sehingga diharapkan akan bermunculan koperasi-koperasi baru yang berkomitmen dalam memajukan usahanya.

"Kalau ditotal, ada kurang lebih 1070 an koperasi di Kabupaten Pasuruan. Jumlah ini bisa terus bertambah kalau punya komitmen tinggi untuk mengembkan usahanya," katanya.

Untuk bisa mencapai Kabupaten Koperasi, Gus Mujib meminta peran serta semua pihak. Mulai dari Dinas Koperasi dan Usaha Mikro, Disperindag, dan pihak lain yang ikut membantu kemajuan koperasi. Terutama dengan cara memasukkan koperasi ke dalam semua sektor.

"Salah satunya ya dengan cara festival koperasi seperti hari ini. Jadi titik awal kebangkitan koperasi di Kabupaten Pasuruan. Semua harus bergerak, bersinergi dan berkolaborasi untuk membesarkan koperasi hingga maju pesat. Mangga alpukat, perikanan, itu yang diharapkan, semua sektor harus ada koperasinya, maka Insya Allah akan tercapai," ucapnya.

Hanya saja, meski jumlah koperasi cukup banyak, namun karena 2 tahun dilanda Pandemi, banyak koperasi di Kabupaten Pasuruan yang non aktif. Bahkan bisa dibilang mati suri.

Oleh karenanya, Gus Mujib menyemangati koperasi-koperasi yang "kembang kempis" agar bisa bangkit dan tumbuh menjadi koperasi yang hebat.

"Kepada koperasi yang kembang kempis ayo bangkit. Bukan hanya jenengan, tapi yang lain juga banyak kenak Covid-19 dan sekarang mulai bangkit. Bismillah, kalau kita niatin dan berdoa kepada Allah SWT, Insya Allah akan berhasil," harapnya.

Sementara itu, Ketua Dewan Koperasi Indonesia Daerah (Dekopinda) Kabupaten Pasuruan, Sulistiyanto mengaku siap membantu Pemkab Pasuruan dalam mewujudkan Kabupaten Koperasi.

Ia menegaskan bahwa meski banyak koperasi terdampak akibat Pandemi Covid-19. Namun saat ini tak sedikit koperasi yang sudah bangkit, bahkan cerdas dalam mengelola koperasinya hingga menggunakan digital merketing.

"Digital marketing semua produk sudah banyak dilakukan koperasi-koperasi di Kabupaten Pasuruan. Ini jelas sebagai penanda transformasi dunia perkoperasian di Kabupaten Pasuruan," tegasnya.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar