Penjualan Sapi di Pasar Hewan di Kabupaten Pasuruan Sepi

Para pemilik sapi tengah menanti penjual di Pasar Hewan di Kecamatan Grati, Kabupaten Pasuruan, Sabtu (02/07/2022) siang. Selama seharian, tak ada 1 ekor pun yang terjual

KBRN, Pasuruan : Meskipun mendekati Hari Raya Idul Qurban, penjualan sapi justru menurun drastis. Seperti yang terlihat di wilayah Kecamatan Grati, Kabupaten Pasuruan, Sabtu (2/7/2022).

Baru pertama kali buka sejak satu bulan tutup karena wabah PMK, para pedagang sapi nampak sepi. Di tempat itu, hanya ada kurang dari 10 ekor sapi yang dijajakan.

Taram (45), salah seorang penjual sapi mengaku sedih lantaran 9 ekor sapi yang ia jual tak ada yang membelinya. Ia berpendapat bahwa hal itu terjadi karena masih banyak warga yang masih takut untuk membeli sapi karena wabah PMK (penyakit mulut dan kuku) yang sedang tinggi-tingginya.

"Sepi, karena saya bawa sembilan sapi dan gak ada yang laku," ungkapnya.

Di hari pertama pasar hewan dibuka, para warga hanya membeli kambing. Kata Taram, kambing tak sama dengan sapi, lantaran jarang PMK menyerang kambing.

"Hari pertama sepi, lebih banyak kambing. Ya katanya gak ada PMK yang nyerang kambing. kalaupun ada langsung sembuh," terangnya.

Sementara itu, Tri Sakti Sugondo, Petugas Teknis dari Dinas Perternakan wilayah Grati mengatakan, hari pertama dibukanya pasar hewan ini masih didominasi oleh penjual kambing. Sedangkan untuk sapi masih belum banyak yang datang.

"Teknisnya disini sebelum masuk pasar dicek kesehatan dan disemprot terlebih dahulu. Dan ini juga didamping dokter hewan untuk mengecek jika ada hewan ternak yang kurang sehat," tutur Sugondo.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar