Ini 3 Pesan Bupati Irsyad Yusuf untuk Jamaah Haji Kabupaten Pasuruan

Bupati Pasuruan, Irsyad Yusuf (atas memakai kemeja warna putih dan berkopyah) berfoto bersama petugas dari KBIH dan jamaah yang akan berangkat haji tahun ini di sela-sela Manasik Haji di Sentra Bordir Bangil, Rabu (25/5/2022)

KBRN, Pasuruan : Semakin dekat dengan jadwal keberangkatan, Bupati Pasuruan, Dr. HM Irsyad Yusuf SE.MMA (Gus Irsyad) meminta 3 hal penting yang harus diperhatikan oleh petugas maupun jamaah selama menunaikan rukun islam kelima, Juni mendatang.

Tiga Permintaan tersebut disampaikan Gus Irsyad saat memberikan sambutan dalam Pembinaan Manasik Haji Massal di Aula Sentra Bordir Bangil, Rabu (25/5/2022) siang.

Menurutnya, para jamaah haji adalah para tamu Allah yang harus dimuliakan. Terlebih kerinduan mereka akibat gagal berangkat selama dua tahun, akhirnya terobati di tahun ini.

Untuk itu, pertama, seluruh petugas haji wajib memberikan pelayanan terbaiknya kepada para jamaah selama melaksanakan semua rangkaian ibadah haji.

"Tahun ini adalah tahun istimewa bagi jemaah haji yang bisa berangkat. Utamanya setelah dua tahun tertunda karena pandemi. Maka dari itu, saya minta para petugas untuk melayani jamaah dengan sebaik mungkin karena mereka adalah tamunya Allah," katanya.

Demi kelancaran semua rukun haji, Gus Irsyad juga meminta jemaah agar selalu berkoordinasi dengan Ketua Regu dan Ketua rombongan yang telah ditunjuk. Hal ini untuk memastikan kelancaran pelaksanaan ibadah haji.

"Panjenengan semua jangan takut dan ragu-ragu untuk bertanya kepada ketua regu dan ketua rombongan. Karena ibadah haji harus dilaksanakan sebaik-baiknya. Jangan sampai salah dalam mengamalkan ibadah, nanti akan menjadi tidak sah," terangnya.

Tak selesai sampai di situ, Kepala Daerah yang dikenal jago bermusik ini juga meminta para jamaah agar senantiasa menjaga stamina atau daya tahan tubuh saat berada di Tanah Suci Makkah maupun Madinah. Terlebih suhu di siang hari bisa diprakirakan bisa mencapai 40 derajat celcius.

Apabila dalam kondisi kurang enak badan, Gus Irsyad meminta para jamaah agar tak sungkan untuk langsung meminta bantuan dokter dan perawat yang ikut mendampingi para jamaah.

"Kami mohon, apabila ada kendala bisa tidak perlu sungkan untuk menghubungi dokter atau perawat yang juga menjadi petugas. Kalau sakit segera minta pertolongan. Semoga Alllah SWT senantiasa memberikan kesehatan kepada para jamaah selama haji," harapnya.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar