52 Keluarga di Kabupaten Pasuruan Terima Bantuan Program Jambanisasi

Anggota Koramil Grati bersama Muspika setempat melakukan peletakan batu pertama dimulainya program jambanisasi tahun 2022 di Dusun Semambung, Desa Sumberagung, Grati, Rabu (25/05/2022)

KBRN, Pasuruan : Sebanyak 52 keluarga di Kabupaten Pasuruan mendapatkan bantuan program jambanisasi.

Jambanisasi ini merupakan bantuan dari Gubernur Jawa Timur kerjasama Kodam V/Brawijaya dengan Pemprov Jatim tahun 2022.

Dandim 0819 Pasuruan, Letkol Inf Nyarman mengatakan, 52 jamban yang dibangun tersebar di 4 kecamatan, yakni Kraton, Grati, Rembang dan Rejoso. Dimana pembangunannya mulai sejak Selasa (24/5/2022) kemarin dan ditargetkan selesai dalam kurun waktu satu bulan.

"Totalnya selama 30 hari untuk pembangunan jamban di 4 kecamatan. Per kecamatan ada 13 jamban keluarga yang akan dibangun," kata Dandim di sela-sela kegiatannya, Rabu (25/5/2022). 

Dandim berharap dari kegiatan ini, setiap keluarga dapat memiliki jamban keluarga yang bersih dan sehat guna menunjang kegiatan kebersihan lingkungan keluarga.

"Sehingga dapat menghindarkan mereka dari penyakit akibat lingkungan yang buruk dari kacamata pandang kesehatan,” ucapnya.

Sementara itu, Sutrisno, salah satu penerima program jambanisasi mengaku bersyukur dan bahagia lantaran dalam waktu dekat, ia memiliki jamban sendiri.

Selama ini, untuk buang air besar ia pergi ke toilet umum ataupun menumpang di rumah tetangga dan saudaranya.

"Ya senang, karena dibangunkan jamban, sebentar lagi gak usah menumpang di rumah orang lain," ungkapnya.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar