FOKUS: #VAKSIN COVID

5 Kecamatan di Kabupaten Pasuruan Belum Capai 60% Vaksinasi Anak Usia 6-12 Tahun

Salah satu anak yang tengah divaksin di wilayah Kecamatan Kraton, Kabupaten Pasuruan

KBRN, Pasuruan : Meskipun perkembangan jumlah anak usia 6-12 tahun yang telah divaksin semakin meningkat, namun dari hasil evaluasi masih ada 5 kecamatan di Kabupaten Pasuruan yang belum optimal dalam percepatan vaksinasi. Kelima kecamatan tersebut yakni Lekok, Nguling, Pasrepan, Wonorejo, dan Rembang.

Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Pasuruan, Anang Saiful Wijaya menjelaskan, rata-rata kelima kecamatan tersebut masih belum mencapai 60% dari jumlah anak yang menjadi sasaran vaksinasi. Padahal, vaksinasi anak usia 6-12 tahun bisa dibilang paling cepat mencapai target ketimbang vaksinasi lansia maupun masyarakat rentan.

"Kenapa kami lakukan evaluasi, ya semata-mata untuk memotivasi agar bisa cepat dalam mendukung kebijakan Pemerintah Pusat dalam menuntaskan minimal 70%," kata Anang, di sela-sela acara Forum Konsultasi Publik di Pendopo Nyawiji Ngesti Wenganing Gusti, Kamis (27/1/2022).

Masih belum optimalnya vaksinasi anak di lima kecamatan terendah disebabkan oleh beberapa faktor. Salah satunya adalah persetujuan orang tua agar anaknya mau divaksin.

Kata Anang, persetujuan wali murid adalah persyaratan wajib untuk anak mengikuti vaksinasi. Sebab dari persetujuan tersebut, petugas akan mengetahui kronologi kesehatan masing-masing anak, meskipun ketika pelaksanaan vaksinasi masih akan dilakukan screening.

"Sebelum divaksin, setiap sekolah wajib mengedarkan surat persetujuan orang tua yang ditandatangani. Di situ tertera beberapa pertanyaan yang wajib diisi. Termasuk riwayat kesehatan dan diakhiri tanda tangan ayah atau ibu pelajar," tegasnya.

Dengan fakta tersebut, Satgas Penanganan Covid-19 akan memprioritaskan 5 kecamatan di atas untuk dilakukan percepatan vaksinasi.

"Besok kami panggil untuk bagaimana bisa menjadi prioritas percepatan vaksinasi. Kita kumpulkan semuanya," singkat Anang.

Sementara itu, saat ditanya perkembangan vaksinasi anak hingga hari ini, tak kurang dari 101.053 anak usia 6-12 tahun yang telah menerima vaksin sinovac. Jumlah tersebut hampir mendekati 70%, yakni 69,13%.

Sedangkan vaksinasi masyarakat umum pada dosis pertama sudah mencapai 81,13% atau sekitar 1.006.485 warga Kabupaten Pasuruan yang sudah disuntik vaksin. Baik Sinovac, Astrazeneca, Moderna, maupun Phizer. Sedangkan pada dosis kedua, setidaknya sudah ada 635.620 warga Kabupaten Pasuruan yang sudah menerima vaksin alias 51,23% dari target sasaran. 

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar