Blusukan, Forkopimda Kabupaten Pasuruan Patroli Penegakan Prokes

Bupati Irsyad Yusuf bersama Kapolres Pasuruan dan Dandim 0819 Pasuruan motoran berangkat dari Mapolres Pasuruan di Bangil

KBRN, Pasuruan : Forum koordinasi pimpinan daerah (Forkopimda) Kabupaten Pasuruan blusukan, melakukan patroli penegakan prokes ke sejumlah desa. Patroli dilakukan para pimpinan itu dengan menggunakan kendaraan bermotor.

Rombongan forkopimda itu mengecek sekaligus melakukan penegakan protokol kesehatan (prokes) di masyarakat desa, untuk mengetahui tingkat kepatuhan masyarakat dalam menerapkan prokes dan mengikuti vaksinasi booster. 

Kapolres Pasuruan, AKBP Erick Frendriz mengatakan patroli penegakan prokes dengan motoran diberi nama "Pasukan Pamor Keris", yang merupakan singkatan dari Patroli Motor Penegakan Protokol Kesehatan di Masyarakat. 

Dalam patroli ini, total ada 125 personel gabungan yang dilibatkan. Mulai dari anggota Polres Pasuruan, Kodim 0819 Pasuruan, Satpol PP, Dinas Perhubungan serta Banser (Barisan Ansor Serbaguna;red). Mereka siap untuk membantu menegakkan protokol kesehatan. Mulai dari razia pemakaian masker hingga percepatan vaksinasi di Kabupaten Pasuruan.

"Total ada 125 personel gabungan yang kita kerahkan dalam Patroli Pasukan Pamor Keris ini. Intinya kita siap menegakkan disiplin prokes di masyarakat sekaligus percepatan vaksinasi. Mulai dari anak-anak sampai lansia," ungkapnya.

Sementara itu, Bupati Pasuruan HM Irsyad Yusuf menegaskan bahwa dengan patroli ini, setidaknya bisa melihat secara langsung bagaimana penerapan protokol kesehatan di masyarakat, meski kasus Covid-19 di Kabupaten Pasuruan sangat landai.

"Saya dan Pak Kapolres maupun Pak Dandim ingin memastikan protokol kesehatan yang diterapkan sampai sekarang. Apakah tetap dilaksanakan secara istiqomah atau tidak. Dan alhamdulillah sepanjang perjalanan sampai di lokasi, semuanya memakai masker ketika beraktifitas di luar rumah," terangnya.

Perihal vaksinasi di Kabupaten Pasuruan, cakupannya kini sudah mencapai 80,04 persen atau sebanyak 993.071 warga Kabupaten Pasuruan yang sudah divaksin dosis pertama.

Sedangkan untuk anak-anak usia 6-12 tahun, jumlah yang sudah divaksin sangat banyak, yakni mencapai 94.963 anak. Apabila diprosentasekan, maka jumlahnya sudah mencapai 64,96 persen. 

Banyaknya anak yang sudah divaksin tak lepas dari dukungan para orang tua yang sudah memahami pentingnya vaksinasi.

"Seperti pagi ini misalnya. Saya sangat berterima kasih kepada para orang tua yang menjadi motor agar anak-anaknya mau divaksin," tuturnya. 

"Inilah bukti bahwa selain kami dari Satgas yang terus berkeliling melakukan sosialisasi dan lain-lain, tapi yang jadi faktor penentu keberhasilan percepatan vaksinasi ya masyarakat itu sendiri," sambung Gus Irsyad sapaan HM Irsyad Yusuf. 

Di akhir patrolinya, rombongan berhenti di Graha PCNU Kabupaten Pasuruan untuk melihat jalannya vaksinasi booster bagi para kiyai, tokoh masyarakat dan warga sekitar yang memenuhi persyaratan untuk disuntik booster. 

Pantauan di lapangan, Bupati Pasuruan, HM Irsyad Yusuf, Kapolres Pasuruan, AKBP Erick Frendriz maupun Dandim 0819 Pasuruan, Letkol Inf Nyarman berangkat "motoran" dari Mapolres Pasuruan.

Di belakangnya, diikuti ratusan personel TNI, POLRI, Satpol PP hingga Dinas Perhubungan tengah mengikuti rombongan, serta berpencar ke sejumlah wilayah lain yang tidak menjadi sasaran Bupati dan Forpimda.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar