Ribuan Bibit Pohon Ketepeng Kencana dan Tabebuya Ditanam di Pasuruan

Dankolatmar Grati, Letkol Marinir Kartika Wijaya Setyawan menanam bibit bersama adik adik pramuka

KBRN, Pasuruan : Marinir di Pasuruan menanam ribuan bibit pohon Ketepeng Kencana dan Tabebuya yang terkenal dengan keindahan dan warna bunganya. Penanaman dilakukan serentak di Kabupaten Pasuruan, Jumat (21/1/2022) pagi.

Penanaman tersebut dilakukan oleh para marinir di Pusat Latihan Pertempuran Marinir (Puslatpurmar) 3 Grati dan dipimpin langsung oleh Letkol Marinir Kartika Wijaya Setyawan selaku Danpuslatpurmar 3 Grati dan diikuti anggota plus istri masing-masing.

Dari pantauan di lapangan, penanaman pohon dipusatkan di Bhumi Perkemahan Pramuka Saka Bahari Puslatpurmar 3 Grati, dan juga disebar ke beberapa lokasi.

Menurut Kartika, beberapa lokasi penanaman yang dipilih diantaranya di Jl Raya Lekok, RSUD Grati, Puskesmas Grati hingga di depan sekolah yang lokasinya di wilayah Kecamatan Grati maupun Lekok. Dengan total bibit pohon sebanyak 2500 buah.

"Totalnya ada 2500 bibit pohon yang sudah kami tanam secara serentak di beberapa lokasi di Kecamatan Grati dan Lekok. Bibit yang ditanam adalah pohon jenis Ketepeng Kencana dan Tabebuya yang tumbuh banyak di Kota Surabaya dan kota lainnya," kata Kartika di sela-sela acara.

Dijelaskannya, aksi penanaman pohon ini digelar dalam rangka HUT Kolatmar ke 45 tahun yang diperingati setiap tanggal 25 Januari. 

Selaras dengan tema "Peduli Kepada Alam Semesta Peduli Pada Sesama" , Kolatmar Grati pun mengajak adik-adik Pramuka Saka Bahari Kabupaten Pasuruan, Muspika dan beberapa perwakilan OPD terkait.

"Kita ajak Dinas Lingkungan Hidup, Muspika, hingga adik-adik Pramuka Saka Bahari untuk sama-sama  mencintai lingkungan melalui penanaman. Karena alam adalah bagian dari kita yang tak terpisahkan," ucapnya.

Lebih lanjut Kartika menambahkan, aksi penghijauan tersebut juga sebagai wujud karya bakti TNI dan bentuk kepedulian pelestarian lingkungan dan bertujuan untuk menjaga konservasi alam dan mewujudkan lingkungan hidup yang ijo royo-royo, nyaman sejuk dan segar.

"Semoga penghijauan ini dapat memotivasi masyarakat agar lebih cinta lingkungan dan bisa menjaga ekosistem, sehingga tercipta lingkungan yang sehat. Pohon sangat bermanfaat bagi manusia dan seluruh mahluk hidup, terutama untuk menjaga keseimbangan alam semesta ini, semakin banyak menanam pohon maka semakin banyak oksigen dan semakin sehat udara yang kita hirup," tutupnya. 

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar