Hingga Kini, Kabupaten Pasuruan Tak Ada Kasus Omicron

Bupati Irsyad Yusuf saat diwawancarai awak media sesuai pelantikan Pejabat Pemkab Pasuruan, Senin (17/01/2022)

KBRN, Pasuruan : Meski di beberapa daerah lain sudah ditemukan kasus Covid-19 varian Omicron, namun Bupati Pasuruan, HM Irsyad Yusuf menegaskan bahwa hingga kini belum ada warga Kabupaten Pasuruan yang terkonfirmasi positif terjangkiti Covid-19 varian omicron.

Penegasan tersebut disampaikan Gus Irsyad sapaan akrab HM Irsyad Yusuf di sela-sela Pelantikan Pejabat Pemkab Pasuruan di Pendopo Nyawiji Ngesti Wenganing Gusti, Senin (17/1/2022) siang.

Menurutnya, meski belum ditemukan munculnya kasus warga yang terpapar Omicron, namun semua fasilitas kesehatan (faskes) sudah disiapkan. Mulai dari RSUD Bangil, RSUD Grati hingga semua puskesmas di 24 kecamatan se-Kabupaten Pasuruan.

Termasuk tenaga kesehatan yang siap melakukan tracing dan tracking apabila ada warga yang secara uji kesehatan dinyatakan Positif Omicron.

"Kebetulan yang menentukan hasil seseorang dinyatakan positif Omicron atau tidak adalah Laboratorium Provinsi Jawa Timur di Surabaya. Tapi alhamdulillah tidak ada kasus baru. Mudah-mudahan terus tidak ada, dan semua faskes plus nakes sudah siap sebagai upaya antisipasi," katanya.

Teruntuk masyarakat, Gus Irsyad menghimbau agar tetap waspada, namun tidak perlu panik. Sebab meski penularan Omicron terbilang cepat, namun tidak sebahaya varian delta atau yang lain. 

"Tidak usah panik, tapi tetap waspada. Kita jaga kesehatan kita masing-masing. Maskernya jangan lupa untuk tetap dipakai," harapnya.

Sejauh ini, untuk bisa menekan laju penyebaran Covid-19, Satgas Penanganan Covid-19 Kabupaten Pasuruan terus intens menggencar vaksinasi dosis 1, 2 dan sudah memulai vaksinasi booster.

Dijelaskan Irsyad, hingga hari ini, cakupan vaksinasi di Kabupaten Pasuruan secara hitungan manual sudah mencapai 79,47% atau sudah sebanyak 986.004 warga Kabupaten Pasuruan yang sudah divaksin pada dosis satu. 

Namun untuk penghitungan yang sudah tampil di dashboard, cakupan vaksinasi di Kabupaten Pasuruan mencapai 78,12% alias sebanyak 969.141 warga yang sudah divaksin dosis pertama. 

"Kita gencar terus vaksinasi mulai dari masyarakat rentan seperti lansia hingga vaksinasi anak usia 6-11 tahun. Semakin kita intens menyuntikkan ke warga agar kekebalannya juga semakin banyak dan meningkat," tegasnya.

Selain vaksinasi, Bupati yang kembali akan meraih Satyalencana dari Presiden ini juga mengintruksikan kepada Satgas Kecamatan untuk kembali mengefektifkan Satgas Desa/Kampung. Utamanya untuk mengajak masyarakat agar mewaspadai Omicron melalui himbauan, sosialisasi maupun kegiatan-kegiatan yang muaranya adalah penegakan disiplin prokes.

"Kita efektifkan lagi Satgas Desa dan RT RW agar penegakan prokes lebih kencang lagi. Mudah-mudahan Allah SWT melindungi kita semua," tutupnya.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar