FOKUS: #TANGGAP BENCANA

Pemkab Pasuruan Distribusikan Bantuan Logistik Untuk Korban Erupsi Semeru

Tim Reaksi Cepat BPBD Kabupaten Pasuruan ketika tiba di lokasi pengungsian warga terdampak Erupsi Gunung Semeru, di Kabupaten Lumajang

KBRN, Pasuruan : Pemerintah Kabupaten Pasuruan mendistribusikan banyak bantuan untuk para warga Kabupaten Lumajang yang hingga kini tengah berjuang pasca Erupsi Gunung Semeru, beberapa hari lalu.

Kepala BPBD (Badan Penanggulangan Bencana Daerah) Kabupaten Pasuruan, Ridwan Harris mengatakan, bantuan sudah dikirim mulai hari Minggu (5/12/2021) kemarin.

Adapun jenis bantuan yang didistribusikan berupa makanan siap saji, air mineral, snack, masker, selimut, mie instant, susu hingga peralatan kebersihan.

"Bantuan sudah kami kirim mulai hari minggu sampai dengan hari ini. Mulai snack, susu sampai selimut dan peralatan pembersihan," kata Harris di sela-sela kesibukannya, Selasa (7/12/2021) pagi.

Dijelaskannya, bantuan yang diberikan merupakan intruksi dari Bupati Pasuruan, HM Irsyad Yusuf dan berasal dari anggaran tidak terduga APBD Kabupaten Pasuruan tahun 2021. Selain itu, Pemkab Pasuruan juga telah menerima bantuan dari masyarakat, dan langsung dibawa oleh satu tim reaksi cepat BPBD Kabupaten Pasuruan menuju Desa Curah Kobokan, Kecamatan Promo Jiwo 

"Kita punya tim reaksi cepat BPBD Kabupaten Pasuruan. Totalnya ada 6 orang yang sudah kami berangkatkan menuju Kabupaten Pasuruan. Bantuan ini berasal dari anggaran tak terduga APBD dan juga dari masyarakat. Matur nuwon atas kepeduliannya," jelasnya.

Sesuai arahan, Tim Reaksi Cepat BPBD Kabupaten Pasuruan bertugas untuk memback up kegiatan kegiatan penanggulangan bencana di sebelah barat jembatan Gladak Perak yang roboh. Kata Harris, posisi para tim sudah ditentukan, lantaran Posko pusat yang berada di Lumajang tidak bisa menjangkau wilayah selatan dan barat karena terhalang jembatan roboh itu sendiri.

"Doakan kami agar terus sehat untuk bisa membantu saudara-saudara kita di Lumajang yang terus berjuang pasca erupsi Semeru," pungkasnya. 

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar