Setahun, Gelontorkan Rp 200 Juta Untuk Rawat Taman Makam Pahlawan di Kabupaten Pasuruan

Salah satu TMP yang ada di wilayah Kecamatan Bangil, Kabupaten Pasuruan.

KBRN, Pasuruan : Pemerintah Kabupaten Pasuruan terus memperhatikan keberadaan Taman Makam Pahlawan (TMP) yang ada di beberapa wilayah.

Kepala Dinas Sosial (Dinsos) Kabupaten Pasuruan, Suwito Adi mengatakan, pemeliharaan TMP di Kabupaten Pasuruan menelan dana yang tak murah.

Dalam satu tahun, anggaran yang dikeluarkan bisa menghabiskan hingga Rap 200 juta. Selain untuk honor juru pelihara, juga untuk listrik di kawasan TMP.

"Ya lumayan besar sampai Rp 200 juta. Dana itu dipergunakan untuk honorarium serta listrik dan kebutuhan lain di TMP," kata Suwito Adi, di sela-sela kesibukannya, Senin (29/11/2021) siang.

Besaran anggaran yang dihabiskan hingga ratusan juta rupiah ini bukan hanya untuk satu TMP saja.  Tetapi, untuk sebelas TMP yang ada di Kabupaten Pasuruan. Seperti di Pandaan, Bangil, dan sejumlah TMP lain. Sehingga tahun depan, jumlah anggaran yang diusulkan pun hampir sama, nominalnya.

"Tahun depan, pengajuan anggaran untuk pemeliharaan rutin TMP, sama. Sekitar Rp 200 juta," jelas Suwito.

Dijelaskannya, pengajuan pemeliharaan TMP itu, bukan tanpa alasan. Hal ini diperlukan, agar TMP yang ada bisa terawat. Tidak sampai terabaikan.

"Bagaimanapun, TMP tersebut merupakan bagian sejarah. Tempat makam para pejuang. Jadi harus mendapat perhatian," ujarnya.

Saat ini, pengajuan anggaran untuk TMP masih dalam pembahasan dengan legislatif. Pentingnya anggaran pemeliharaan tersebut, diharapkannya bisa terpenuhi untuk APBD 2022. 

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar