Tingkatkan Literasi Baca, Roadshow ke Sejumlah Sekolah

Wakil Bupati Pasuruan, Gus Mujib Imron memberikan hadiah kepada siswa-siswi yang bisa menjawab pertanyaan yang dilontarkan

KBRN, Pasuruan : Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Pasuruan terus gencar road show ke sekolah-sekolah supaya para pelajar tertarik dengan aktifitas membaca.

Seperti yang terlihat di SMA Yadika Bangil, Senin (29/11/2021) pagi. Wakil Bupati Pasuruan, KH Abdul Mujib Imron (Gus Mujib) hadir untuk mengajak para kepala sekolah agar mendorong guru dan siswa untuk mencintai budaya membaca.

Menurutnya, budaya membaca sudah mulai ditinggalkan dan kalah oleh kecanggihan teknologi, yakni HP. Dari fakta inilah, budaya membuka buku atau bacaan harus kembali dibangkitkan.

"Apapun ada di Handphone. Termasuk bacaan apapun. Tapi memang tidak sama dengan kita membaca di buku bacaan. Jadi jangan sampai budaya membaca menjadi ditinggalkan," katanya.

Dijelaskannya, untuk meningkatkan minat baca dikalangan pelajar, maka sudah saatnya paradigma tentang pembelajaran diubah. Gus Mujib meminta pihak sekolah tak hanya berfikir tempat membaca adalah di ruang perpustakaan. Namun sudah saatnya pihak sekolah memanfaatkan ruang lain yang ada di sekolah.

"Sekolah jangan berfikir tempat membaca itu hanya perpustakaan dalam artian gedung. Tapi sudut baca, gerobak baca, taman baca, warung baca adalah bentuk lain dari perpustakaan. Paradigma tentang ruang perpustaan sebagai tempat membaca harus diubah. Karena sebenarnya, di tempat-tempat yang tadi saya sebutkan malah akan lebih merangsang daya baca siswa," tegasnya.

Sejauh ini, minat membaca masyarakat Kabupaten Pasuruan terbilang masih rendah. Hal ini dibuktikan dengan kunjungan ke perpustakaan-perpustakaan umum daerah yang tidak terlalu banyak.

Kepala Dinas Perpustakaan Kabupaten Pasuruan, M.Ridwan menjelaskan, road show ke sekolah-sekolah sangat penting dilakukan. Dan saat ini sudah 14 lembaga yang menjadi sasaran road show dan akan diselesaikan hingga akhir tahun ini.

"Kemarin sempat berhenti cukup lama karena refocusing dan masih Pandemi dengan kasus yang banyak. Dan karena sudah landai, kita bisa menggelar roadshow lagi," jelasnya.

Di sisi lain, dalam kunjungannya kali ini, Gus Mujib bagi-bagi hadiah untuk para pelajar SMA Yadika. Hadiah tersebut diberikan kepada para siswa-siswi yang bisa menjawab pertanyaan seputar Kabupaten Pasuruan. 

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar