Forum PAUD Kabupaten Pasuruan Resmi Dibentuk

KBRN, Pasuruan : Dalam rangka mengembangkan pendidikan anak usia dini untuk menuju Generasi Emas Indonesia di tahun 2045, di Kabupaten Pasuruan akan dibentuk Forum PAUD. Forum PAUD merupakan organisasi nirlaba yang berbadan hukum dan berbentuk perkumpulan.

Forum ini tak lain sebagai wadah bertukar informasi dan pengalaman berkomunikasi, berkoordinasi dan mengembangkan jaringan informasi serta pemberdayaan anggotanya.

"Namanya juga forum, jadi banyak sekali anggota yang terlibat untuk saling bertukar informasi. Bisa sharing apapun seputar pengembangan dunia anak-anak," kata Bunda PAUD Kabupaten Pasuruan, Lulis Irsyad Yusuf, Selasa (15/6/2021).

Dia menyebut, tujuan didirikannya forum PAUD ini, salah satunya untuk mewujudkan pemberdayaan organisasi, anggota forum pengembangan anak usia dini di Kabupaten Pasuruan, serta mewujudkan sistem jaringan kerjasama dengan berbagai lembaga organisasi di bidang pengembangan anak usia dini.

Selain itu forum PAUD juga bertujuan mewujudkan kemitraan dan kerjasama yang harmonis di bidang pengembangan anak usia dini. Sedangkan di pemerintahan, forum ini dapat memberikan masukan dan rekomendasi kebijakan apa saja yang terkait dunia anak-anak.

"Kriteria fasilitas pendidikan juga bisa dilihat. Untuk itu kita akan memfasilitasi komunikasi forum dan jaringan kerjasama dengan berbagai lembaga yang terkait dengan layanan pengembangan anak usia dini yang ada di kabupaten Pasuruan," paparnya.

Lebih lanjut ia menegaskan bahwa PAUD sangat penting dan bermanfaat untuk menentukan langkah dan masa depan anak-anak hingga mengenal dunia yang belum ia ketahui.

"Berdasarkan penelitian, sejak periode sebelum anak lahir hingga menginjak usia 8 tahun, sistem syaraf pusat, sel-sel otak dan jalur syaraf mulai terbangun. Selama periode kritis perkembangan otak ini, telah tertata dasar-dasar untuk lintasan kehidupan anak ke depan. Inilah masanya anak-anak yang harus selalu diperhatikan, " pungkasnya. (Emil Akbar-Kontributor RRI Wilayah Pasuruan)

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00