HUT Kemerdekaan RI, 221 Napi di Lapas Kelas IIB Blitar Dapat Remisi

KBRN, Blitar : Sebanyak 221 narapidana (napi) yang berada di Lapas Kelas IIB Blitar mendapat remisi pada momen HUT Kemerdekaan RI ke 77. Secara langsung, surat keputusan napi yang mendapat remisi diberikan langsung oleh Walikota Blitar saat kegiatan upacara bendera sedang berlangsung.

Hal ini dibenarkan oleh PLT Kalapas Kelas IIB Blitar Tatang Suherman. Ia menjelaskan, Dari 221 napi yang mendapat remisi umum, 10 diantaranya mendapat remisi umum II atau langsung bebas. Untuk 10 orang napi ini, lima orang diantara dinyatakan bebas pada Rabu (17/8/2022) sedangkan sisanya lima orang lagi dinyatakan bebas dari rumah, karena sebelumnya yang bersangkutan sudah mendapat asimilasi.

"Ada 221 napi yang mendapat remisi umum, dan 10 diantaranya langsung dinyatakan bebas," jelas dia.

Tatang menyebut, sedangkan sisanya ada satu orang napi sudah mendapat asimilasi bebas tetapi dimiliki denda, sehingga harus menjalani kurungan penjara selama 15 hari. Kemudian sisanya ada 210 napi itu juga sudah mendapat remisi umum I dan mereka harus menjalani kurungan penjara 1-3 bulan terlebih dahulu.

"Satu itu sudah bebas tapi masih ada denda, jadi harus menjalani kurungan selama 15 hari lagi. Yang lainnya ada 210 juga sudah dapat remisi tapi harus menjalani kurungan penjara selama 1-3 bulan," ujar dia.

Ia juga menambahkan, sedangkan dari Lembaga Perlindungan Kelas Anak (LPKA) Blitar ada 10 orang mendapat remisi umum I dan rata rata harus menjalani kurungan penjara selama satu bulan lagi.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar