Momen HUT Kemerdekaan RI ke-77, Jumlah Kunjungan Peziarah di Makam Bung Karno Menurun

KBRN, Blitar : Jumlah kunjungan peziarah di Makam Bung Karno Kota Blitar pada momen peringatan HUT Kemerdekaan RI ke 77 mengalami penurunan. Kondisi ini berbeda jauh dengan bulan bulanq sebelumnya, sebab pada bulan Agustus mayoritas masyarakat merayakan hari Kemerdekaan di daerahnya masing masing.

Juru Kunci Makam Bung Karno (MBK) Kota Blitar Juni Purnomo mengatakan, rata rata pada hari biasa jumlah pengunjung atau peziarah di Makam Bung Karno sekitar 1.500 orang sampai 2.000 orang. Namun, pada bulan Agustus ini per hari rata rata hanya sekitar 1.000 an orang.

"Kalau hari hari biasa jumlah pengunjung itu per harinya sekitar 1.500 - 2.000 an orang, tapi pada bulan Agustus ini hanya sekitar 1.000 an orang," kata dia, Kamis (11/8/2022).

Menurut dia, meski begitu pengunjung atau peziarah yang datang ke Makam Bung Karno itu berasal dari berbagai daerah di Indonesia seperti Lamongan, Probolinggo, dan Tuban. Pengunjung atau peziarah ini biasanya datang pada waktu pagi dan sore hari.

"Meski ada sedikit penurunan, tapi pengunjung yang datang ini dari berbagai daerah di Jatim atau Indonesia seperti Lamongan, Probolinggo, dan Tuban," ujar dia.

Ia juga menambahkan, petugas yang ada di Makam Bung Karno juga tetap melakukan pembatasan jumlah pengunjung atau peziarah yang memanjatkan doa di depan pusara Bung Karno. Hal ini dilakukan untuk menghindari kerumuman dengan tetap menerapkan prokes secara ketat.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar