Blitar Ethnic National Carnival Segera Digelar

KBRN, Blitar : Salah satu agenda besar dan baru pertama kali digelar di Kota Blitar adalah Blitar Ethnic National (BEN) Carnival. Rencananya, kegiatan yang digelar dalam rangka merayakan HUT Kemerdekaan RI ke 77 ini akan berlangsung pada Sabtu (27/08/2022). Saat ini, Pemerintah Kota Blitar dan tim panitia sedang mematangkan persiapannya yang meliputi tema hingga teknis pelaksanaannya.

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kota Blitar, Edy Wasono mengatakan, pada kegiatan tersebut pihaknya mengupayakan agar bisa ditonton oleh masyarakat secara gratis. Sebab, momen ini menjadi salah satu kegiatan yang bisa mengajak masyarakat untuk menggelorakan jiwa nasionalisme dan patriotisme. Ketika disinggung soal rencana ticketing bagi masyarakat yang ingin menyaksikan, Edi menegaskan bahwa hal itu sempat dibahas oleh panitia, namun sampai saat ini belum ada keputusan yang final. Nantinya, dalam pelaksanaan kegiatan itu pihaknya akan menyiapkan tempat khusus bagi masyarakat, artinya antara tamu undangan dan masyarakat itu berbeda. Untuk tamu undangan akan ditempatkan di depan kantor DPRD sampai SMP 01 Kota Blitar, sedangkan untuk masyarakat umum disediakan tempat dari depan Kodim 0808 sampai depan Kantor Pemkot Blitar.

"Kita masih bahas soal rencana ticketing itu dan memang sampai sekarang belum final. Kami menyiapkan tempat khusus untuk tamu undangan di depan kantor DPRD hingga SMP 01, sedangkan masyarakat umum mulai depan Kodim sampai dengan Kantor Pemkot Blitar di Jalan Merdeka," kata dia, Selasa (9/8/2022).

Edy menyebut, sedangkan untuk konsep pelaksanaan kegiatan BEN Carnival dipastikan sudah matang. Nantinya, ada 50 an peserta yang akan ikut serta dalam kegiatan ini. Meliputi, kantor OPD, instansi, lembaga pendidikan tingkat SMP, SMA dan lain lain. Ia pun juga sudah membagikan tema ke masing masing peserta itu, garis besarnya tema nya adalah tentang kebudayaan daerah Indonesia.

"Kalau konsep sudah matang, kita sudah bagikan tema ke masing masing peserta itu. Intinya tentang kebudayaan Indonesia," ungkapnya.

Sekedar diketahui, pada tahun tahun sebelumnya dalam memperingati HUT RI Pemkot Blitar selalu menggelar kegiatan Pawai Budaya. Sedangkan tahun ini diganti dengan BEN Carnival yang bertujuan agar Kota Blitar bisa go internasional.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar