Jadi Syarat Layanan Kunjungan, Lapas Kelas II B Blitar Gelar Vaksinasi Covid-19 bagi Warga Binaan

KBRN, Blitar : Salah satu syarat dari layanan kunjungan tatap muka di Lapas Kelas IIB Blitar adalah warga binaan wajib sudah mendapat suntikan vaksinasi Covid-19 dosis kedua. Untuk itu, pada Selasa (9/8/2022) Lapas Kelas IIB Blitar kembali menggelar kegiatan vaksinasi Covid-19.

Hal ini disampaikan oleh Kepala Keamanan Lapas Kelas IIB Blitar Bambang Setyawan. Ia menjelaskan, pada kegiatan vaksinasi kali ini ada 144 warga binaan yang menerima suntikan vaksinasi Covid-19 dosis pertama. Menurut dia, sebenarnya ratusan warga binaan ini sebelumnya sudah menerima suntikan vaksin Covid-19 dosis pertama, tetapi karena jangka waktu antara dosis pertama dan kedua sudah kadaluwarsa maka mereka harus mengulanginya lagi di dosis pertama.

"Ada 144 warga binaan yang menjalani vaksinasi Covid-19 dosis pertama. Sebetulnya rata rata dari mereka ini sudah menerima suntikan vaksin dosis pertama dulu, tapi karena jarak vaksinasi dosis pertama dan kedua sudah kadaluwarsa jadi haru mengulanginya lagi dari awal," jelas dia, Selasa (9/8/2022).

Bambang menyebut, bagi warga binaan yang sudah menjalani vaksinasi dosis kedua diperbolehkan untuk mendapat layanan kunjungan tatap muka. Namun, batu warga binaan yang masih vaksinasi dosis pertama maka tetap bisa berkomunikasi dengan keluarga melalui fasilitas video call. 

"Kalau yang dosis kedua ini sudah boleh untuk tatap muka langsung, tapi kalau masih dosis pertama kita berikan fasilitas video call dengan keluarga," ujar dia.

Lebih lanjut, Bambang juga menambahkan, sebelumnya layanan kunjungan tatap muka untuk warga binaan sempat ditiadakan sejak terjadi pandemi Covid-19. Namun, untuk saat ini layanan tersebut sudah kembali dibuka artinya warga binaan sudah bisa bertemu langsung dengan keluarga yang mengunjunginya.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar