Jumlah Penerima Bantuan PKH Tahun 2022 di Kota Blitar Bertambah

KBRN, Blitar : Jumlah penerima bantuan sosial berupa Program Keluarga Harapan (PKH) yang dicanangkan Kementrian Sosial di Kota Blitar pada tahun 2022 ini bertambah menjadi 3.622 keluarga penerima manfaat (KPM).

Hal ini disampaikan oleh Koordinator PKH Kota Blitar, Imam Nawawi. Ia menjelaskan, pada tahun 2021 yang lalu jumlah KPM PKH sebanyak 3.235, artinya pada tahun ini ada penambahan sebanyak 387 KPM. Penambahan jumlah penerima bantuan ini langsung dari Kementrian Sosial, artinya data dari Pemerintah Pusat dan pihaknya tinggal melakukan pemantauan proses penyaluran bantuan tersebut.

"Tahun 2022 ini jumlah KPM PKH sebanyak 3.622 keluarga, kalau dibandingkan tahun 2021 lalu ada sedikit peningkatan. Tahun lalu  ada 3.235 KPM," jelasnya, Rabu (6/7/2022).

Imam juga menerangkan, bantuan PKH ini berupa uang tunai, dimana berdasarkan surat edaran Kemensos ada beberapa kriteria khusus bagi masyarakat yang bisa menerima bantuan PKH ini yaitu ibu hamil sebesar Rp3 juta, anak usia dini 0-6 tahun sebesar Rp3 juta, anak SD sebesar Rp900 ribu, anak SMP sebesar Rp1,5 juta, anak SMA Rp2 juta, penyandang disabilitas sebesar Rp2,4 juta, dan lansia tepatnya berusia 60 tahun keatas sebesar Rp2,4 juta. Bantuan itu diberikan empat kali dalam setahun atau setiap tiga bulan sekali.

"Bantuan PKH ini berupa uang tunai yang diberikan setiap tiga bulan sekali atau dalam satu hari diberikan sebanyak empat kali. Kemudian juga sesuai surat edaran Kemensos ada beberapa kriteria khusus bagi masyarakat yang bisa menerima bantuan ini," ucap dia.

Lebih lanjut Imam menambahkan, untuk penyaluran bantuan PKH tahap pertama yakni untuk bulan Januari, Februari, Maret sudah dicairkan melalui agen yang telah ditunjuk yakni Bank BNI. Sedangkan untuk tahap kedua yakni bulan April,Mei, Juni saat ini sebagian KPM sudah dicairkan, dimana pencairan bantuan dilakukan secara bertahap.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar