Penyaluran Bantuan Rastrada Tahap II di Kota Blitar Ditargetkan Dimulai Agustus 2022

KBRN, Blitar : Pemerintah Kota Blitar melalui Dinas Sosial menargetkan pada bulan Agustus 2022, bantuan beras sejahtera daerah (Rastrada) mulai disalurkan kepada masing masing keluarga penerima manfaat (KPM).

Hal ini disampaikan oleh Kepala Dinas Sosial Kota Blitar, Sad Sasmintarti. Ia menjelaskan, sebelum disalurkan kepada masing masing KPM, saat ini pihaknya sedang melakukan validasi dan verifikasi data penerima bantuan. Sebab, salah satu syarat bisa menerima bantuan ini adalah masyarakat miskin atau kurang mampu dan tidak pernah menerima bantuan dobel. Misalnya,  sudah tercatat menerima bantuan BPNT, PKH dan yang lainnya.

"Saat ini kami sedang melakukan validasi dan verifikasi untuk mendata jumlah KPM penerima bantuan ini. Karena kan ngga boleh dobel dapat bantuannya, kalau Rastrada ya hanya itu saja, kalau BPNT ya itu saja, PKH juga hanya itu saja," jelasnya, Selasa (5/6/2022).

Menurutnya, sejauh ini pihaknya sudah mendapat laporan bahwa ada data penerima bantuan dobel atau data ganda sebanyak 1000 an KPM. Artinya, hal tersebut harus diganti dengan KPM yang lain dan memenuhi persyaratan. Ia juga menyebut, jika persiapan sudah matang maka bantuan Rastrada akan disalurkan kepada masing masing KPM.

"Waktu proses verifikasi dan validasi kita menemukan ada 1000 an KPM yang menerima bantuan lebih dari satu, itu kan ngga boleh. Jadi, diganti dengan KPM yang lainnya," ujar dia.

Sekedar diketahui, pada bulan April 2022 yang lalu bantuan Rastrada telah disalurkan kepada  10.814 KPM yang tersebar di 3 Kecamatan. Masing masing KPM menerima beras sebanyak 40 kg, bantuan ini terhitung dari bulan Januari, Februari,Maret dan April. Dimana, setiap bulannya masing masing KPM menerima bantuan sebanyak 10 kg.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar