Pelaksanaan Vaksinasi PMK di Kota Blitar Sudah Tuntas Lebih Awal

KBRN, Blitar : Pelaksanaan vaksinasi penyakit mulut dan kuku (PMK) terhadap ternak sapi di Kota Blitar dipastikan sudah tuntas sebelum target yang telah ditentukan. Dimana, vaksinasi PMK dimulai pada 26 Juni 2022 dan ditargetkan tuntas pada 5 Juli 2022, namun pada pelaksanaannya vaksinasi PMK sudah selesai pada 30 Juni 2022.

Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Kota Blitar Rodiyah mengatakan, sebanyak 9 botol vaksin PMK yang diberikan oleh Pemprov Jatim harusnya diberikan kepada 900 ekor sapi. Tetapi, pada pelaksanaannya, hanya bisa mencukupi untuk 896 ekor sapi. 

"Sebetulnya itu kan 9 botol itu memiliki 900 dosis yang diperuntukan bagi 900 ekor sapi. Tapi pada pelaksanaannya hanya bisa diberikan untuk 896 ekor sapi," kata Rodiyah, Senin (4/7/2022).

Menurut dia, pelaksanaan vaksinasi PMK untuk ternak sapi di Kota Blitar sejauh ini memang lebih dipercepat. Karena sudah mendekati hari raya Idul Adha dan pihaknya berharap dengan kegiatan vaksinasi PMK bisa menekan wabah PMK di Kota Blitar. 

"Memang ini kami percepat ya, karena sudah mendekati Idul Adha," ungkapnya.

Sekedar diketahui, berdasarkan data dari Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Kota Blitar per 2 Juli 2022 jumlah ternak sapi yang suspek PMK sebanyak 263 ekor dan 32 ekor diantaranya sudah dinyatakan sembuh.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar