Layanan RPH Tetap Dibuka Hari Raya Idul Adha, Mampu Sembeli 30 Ekor Hewan Qurban per Hari

KBRN, Blitar : Pemerintah Kota Blitar dalam hal ini Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Kota Blitar memastikan selama tiga hari pertama di Idul Adha 1443 H nanti, layanan di rumah pemotongan hewan (RPH) tetap dibuka dan membebaskan biaya retribusi penyembelihan hewan qurban.

Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Kota Blitar, Rodiyah mengungkapkan, pelayanan penyembelihan hewan qurban akan tetap dilayani dengan memperhatikan kesiapan alatnya. Dimana, per hari hanya mampu menyembelih sebanyak 30-35 ekor hewan qurban, sehingga selama 3 hari berturut turut maka hanya mampu menyembelih sebanyak 100 ekor hewan qurban.

"Kita tetap buka, selama tiga hari itu. Tapi, kapasitas kuota juga kita batasi, dimana per hari hanya mampu 30-35 ekor, sehingga selama tiga hari hanya sekitar 100 an ekor," ungkap Rodiyah, Selasa (28/6/2022).

Rodiyah menjelaskan, hewan qurban yang disembelih di rumah pemotongan hewan (RPH) bisa dipastikan dalam kondisi yang sehat. Karena, sebelum disembelih hewan qurban harus karantina terlebih dahulu dan dicek kondisi kesehatannya, setelah dinyatakan sehat maka segera disembelih. Kemudian setelah disembelih akan kembali dicek kesehatan daging, hingga jeroannya. Sehingga, ketika sudah didistribusikan ke masyarakat daging hewan qurban dalam kondisi yang sehat dan layak konsumsi.

"Hewan ini dalam kondisi yang sehat, karena cek kesehatan nya ngga sekali aja, setelah disembelih juga tetap dicek kesehatan daging sampai dengan jeroannya," jelasnya.

Rodiyah menambahkan, karena kuota di RPH sangat terbatas, maka penyembelihan hewan qurban bisa dilakukan di masjid, musola, sekolah ataupun tempat umum lainnya. Namun, harus mendapat izin dan pengawasan dari tim dokter hewan.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar