288 Ekor Sapi di Kota Blitar Telah Disuntik Vaksin PMK

KBRN, Blitar : Pelaksanaan vaksinasi penyakit mulut dan kuku (PMK) terhadap hewan ternak sapi di Kota Blitar sudah dimulai sejak Minggu (26/6/2022). Sesuai data dari Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Kota Blitar hingga Senin (27/6/2022) atau selama dua hari pelaksanaan sudah ada 288 ternak sapi yang mendapat suntikan vaksinasi PMK.

Hal ini disampaikan oleh Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Kota Blitar, Rodiyah. Ia menerangkan, ratusan sapi yang sudah mendapat suntikan vaksinasi PMK ini berada di Kelurahan Ngadirejo Kecamatan Kepanjenkidul dan Kelurahan Klampok Kecamatan Sananwetan.

"Selama dua hari pelaksanaan sudah ada 288 ekor sapi yang mendapat suntikan vaksinasi PMK. Ratusan sapi ini berada di Kelurahan Ngadirejo dan Kelurahan Klampok," terang dia, Selasa (28/6/2022).

Dijelaskan Rodiyah, selama dua hari pelaksanaan vaksinasi PMK, pihaknya menerjunkan dua tim yang terdiri dari 7 orang dan meliputi dokter hewan dan tim paramedis. Namun, pada pelaksanaan hari ketiga yakni Selasa (28/6/2022) di Kelurahan Sentul, Tlumpu dan Klampokpihaknya sudah menerjunkan tiga tim, dimana ia barusaja mendapat bantuan tenaga sukarelawan dari klinik swasta. Sehingga, per hari bisa memberikan suntikan vaksinasi PMK kepada 200 ekor sapi.

"Di hari ketiga ini kita sudah mendapat tambahan bantuan tenaga dokter dari klinik swasta. Jadi, sekarang sudah punya tiga tim, dan per hari bisa memberikan suntikan kepada 200 ekor sapi," jelasnya.

Sekedar diketahui, Kota Blitar mendapat jatah vaksinasi PMK sebanyak 900 dosis yang berarti harus diberikan kepada 900 ekor sapi. Sesuai intruksi dari Pemprov Jatim pelaksanaan vaksinasi PMK bisa tuntas pada 5 Juli 2022.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar