Jelang Idul Adha, Wali Kota Blitar Melarang Penjualan Hewan Qurban di Pinggir Jalan

KBRN, Blitar : Sebagai salah satu antisipasi agar wabah penyakit mulut dan kuku (PMK) pada hewan ternak di Kota Blitar tak menyebar luas. Apalagi saat ini di momen menjelang Hari Raya Idul Adha, Wali Kota Blitar Santoso melarang adanya penjualan hewan qurban di pinggir jalan.

Hal ini disampaikan Santoso saat ditemui usai melakukan launching kegiatan vaksinasi PMK di salah satu peternak sapi di lingkungan Jatimalang Kelurahan Sentul Kecamatan Kepanjenkidul Kota Blitar pada Selasa (28/6/2022). Pihaknya meminta kepada Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian untuk melakukan pengawasan di lapangan mengenai penjualan ternak sapi di pinggir jalan.

"Untuk penjualan sapi atau hewan qurban di pinggir jalan dilarang, ini sebagai salah satu antisipasi agar wabah penyakit mulut dan kuku (PMK) tidak menyebar luas," jelasnya.

Menurut dia, keberadaan penjual ternak sapi atau hewan qurban di pinggir jalan dikhawatirkan membawa virus. Hal ini bisa membahayakan bagi hewan ternak yang lainnya. Sehingga, ia meminta kepada Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian untuk menyiapkan tempat khusus yang steril untuk penjualan hewan qurban sehat, di lokasi itu masyarakat bisa melakukan transaksi jual beli.

"Kan kita nggak tahu kalau dijual di pinggir jalan hewanya bisa bawa virus kan, jadi dilarang dulu. Kita sudah minta kepada Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian untuk menyediakan tempat khusus untuk penjualan hewan qurban yang sehat," ujar dia.

Sementara itu, Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Kota Blitar, Rodiyah menyampaikan, sejauh ini ia telah melakukan pendataan ke masing masing peternak untuk mengetahui hewan ternak yang dijual untuk qurban, atau hanya dipelihara saja. Dari data yang dihasilkan akan disampaikan kepada masyarakat yang menginginkan membeli hewan qurban bisa langsung mendatangi kandang milik peternak.

"Kita sudah mulai melakukan pendataan, nah nanti kita sampaikan kepada masyarakat daerah mana mana saja atau peternak yang menjual hewan qurban yang sehat, nanti akan kita kasih kontaknya," tambah dia.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar