Waspadai Wabah PMK Jelang Iduladha, MUI Kota Blitar Minta Warga Selektif Pilih Hewan Kurban Sapi

KBRN, Blitar : Menjelang Hari Raya Iduladha 1443 H atau hari raya qurban, umat muslim di Kota Blitar dihimbau untuk selektif membeli hewan khususnya sapi yang akan diqurbankan. Himbauan ini disampaikan langsung oleh Sekertaris Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kota Blitar Gigih Mardana.

Saat ditemui, Gigih menjelaskan, saat ini wabah penyakit mulut dan kuku (PMK) sudah merebak ke wilayah Kota Blitar. Untuk itu, masyarakat harus pandai dalam memilih hewan sapi yang akan diqurbankan, artinya harus benar benar dalam kondisi yang sehat, dan memiliki surat keterangan sehat dari Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian. Selain itu, ciri ciri PMK secara fisik pada tubuh hewan sapi sudah terlihat, sehingga masyarakat harus memahami hal tersebut.

"Masyarakat harus selektif dalam memilih hewan qurban, jangan dipaksakan. Kondisinya itu harus benar benar sehat dan layak konsumsi, ini sangat penting karena saat ini wabah PMK sudah merebak di Kota Blitar," jelasnya, Jum'at (24/6/2022).

Gigih menyebut, mengenai hal ini pihaknya telah melakukan koordinasi dengan lintas ormas Islam dan Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Kota Blitar. Dalam waktu dekat, pihaknya akan melakukan sosialisasi kepada masyarakat utamanya kepada takmir masjid untuk memberikan penjelasan tentang wabah PMK ini. Dengan harapan, umat muslim bisa mendapat ketenangan dalam menjalankan ibadah Idul Adha, ditengah wabah PMK yang merebak.

"Langkah yang sudah kami lakukan adalah koordinasi dengan lintas ormas Islam dan juga dari Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian. Dalam waktu dekat kami akan melakukan sosialisasi kepada masyarakat utamanya takmir masjid mengenai hal ini," ujar dia.

Lebih lanjut ia juga menambahkan, selanjutnya pihaknya bersama dengan jajaran terkait akan melakukan tinjauan lapangan untuk melihat situasi dan kondisi hewan ternak sapi yang akan dijadikan sebagai hewan qurban saat Idul Adha nanti.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar