Besok, Puluhan CJH Asal Kota Blitar Dijadwalkan Ikuti Manasik Haji

KBRN, Blitar : Puluhan Calon Jamaah Haji (CJH) asal Kota Blitar dijadwalkan segera mengikuti kegiatan manasik haji tingkat Kota Blitar. Rencananya, kegiatan tersebut akan berlangsung pada Sabtu (28/5/2022) besok. 

Kepala Kemenag Kota Blitar Fandi menerangkan, sebelum berangkat ke tanah suci, seluruh CJH wajib mengikuti kegiatan manasik haji yang diselenggarakan di tingkat KUA dan tingkat Kota. Untuk tingkat KUA sudah dilakukan yakni sebanyak 4 kali, dan tingkat Kota Blitar dilakukan sebanyak 2 kali. Pada pelaksanaan manasik haji pada Sabtu (28/5/2022), pihaknya sedang melakukan koordinasi dengan Pemerintah Kota Blitar untuk meneruskan lokasi dan jalur yang akan ditempuh. Tujuan manasik haji adalah, agar seluruh CJH ketika sudah berada di tanah suci sudah paham dan mengetahui tata cara melakukan ibadah.

"Untuk kegiatan manasik haji tingkat Kota akan dilakukan Sabtu besok, untuk lokasi rencana start nya di Masjid Ar Rahman, dan finish di Masjid Hidayatullah, tapi kamu juga masih melakukan koordinasi dengan Pemerintah Kota Blitar terkait dengan hal ini," terang dia, Jum'at (27/5/2022).

Sementara itu, salah CJH bernana Ekowati perempuan asal Kelurahan Rembang Kecamatan Sananwetan Kota Blitar mengaku senang karena pada akhirnya bisa berangkat ibadah haji pada tahun ini. Sebenarnya ia berangkat pada tahun 2020 yang lalu, tetapi karena kondisi pandemi Covid-19 harus tertunda selama dua tahun. Meski merasa senang, ia juga mengaku sedih karena banyak CJH yang masuk kelompok nya gagal berangkat pada tahun ini karena terkendala dengan usia dan kondisi kesehatan. 

"Alhamdulillah saya bisa berangkat tahun ini, senang tapi juga sedih karena teman teman yang lain banyak yang gagal berangkat di tahun ini," ucap dia.

Sekedar diketahui, seharusnya jumlah total CJH yang berangkat tahun ini sebanyak 88 orang. Namun, yang bisa berangkat hanya 47 orang, sedangkan sisanya sebanyak 42 orang masih gagal berangkat karena terkendala usia dan kondisi kesehatan.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar