Diizinkan Lepas Masker di Ruang Terbuka, Pemkot Blitar Ingatkan Wisatawan Tetap Jaga Prokes

KBRN, Blitar : Kondisi pandemi Covid-19 yang berangsur angsur sudah melandai dan pulih, akhirnya membuat Pemerintah mengambil kebijakan yang menyebutkan bahwa masyarakat diizinkan untuk melepas masker ketika berada di ruang terbuka.

Menanggapi hal tersebut, Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Blitar Edy Wasono mengatakan, hal tersebut berlaku bagi semua orang termasuk juga pelaku perjalanan atau wisatawan utamanya yang datang ke Bumi Bung Karno. Intinya tidak semuanya boleh untuk melepas masker, artinya harus melihat daerah asal dan daerah tujuan wisata apakah status PPKM berlevel 1 atau tidak. Karena, kebijakan melepas masker juga bergantung dengan status PPKM di surau daerah.

"Intinya kan nggak semua boleh lepas masker utamanya buat wisatawan, kalau daerahnya level 3 kan ngga boleh. Tapi kalau sudah level 1 seperti Kota Blitar ini boleh tapi tetap melihat situasi kondisi lingkungan sekitar," katanya, Rabu (25/5/2022).

Edy menyebut, meski begitu masyarakat juga tetap diwajibkan untuk menerapkan pola hidup bersih dan sehat (PHBS) dan protokol kesehatan, seperti jaga jarak dan rutin mencuci tangan. Karena, aturan tersebut belum dicabut dan itu menjadi salah satu cara untuk mencegah penularan Covid-19.

"Jadi PHBS dan Prokes seperti cuci tangan dan jaga jarak itu tetap ya, karena kan aturanya belum dicabut," sebutnya.

Sekedar diketahui, selama libur lebaran dan hingga saat ini jumlah wisatawan yang berkunjung ke tempat wisata di Kota Blitar meningkat. Hal itu terlihat, di sejumlah lokasi seperti di Makam Bung Karno, Istana Gebang, Taman Kebon Rojo dan yang lainnya.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar