Penentuan Anggaran Relokasi Lapas Kelas IIB Blitar Tunggu Hasil Kajian Teknis

KBRN, Blitar : Dalam waktu dekat Lapas Kelas IIB Blitar akan segera direlokasi ke tempat baru yang lebih memadai dan saat ini proses menuju relokasi sedang berlangsung. Pemerintah Kota Blitar pun juga sudah menyiapkan lokasi alternatif relokasi Lapas yaitu berupa tanah aset yang akan dihibahkan ke Kemenkumham berada di Kelurahan Sentul dan Klampok.

Namun untuk lokasi yang akan dipilih dan nilai anggaran relokasi Lapas Kelas IIB Blitar ke tempat yang baru hingga saat ini belum bisa dipastikan. Karena harus menunggu hasil kajian teknis di lapangan yang dilakukan oleh tim dari Kemenkumham dan Bappenas RI.

Hal ini dibenarkan oleh Deputi Politik Hukum Hankam Bappenas RI Slamet Sudarsono. Ia menjelaskan, kajian teknis yang dilakukan oleh tim ini bukanlah hal yang sederhana. Kajian teknis yang harus dilakukan meliputi lokasi jalan raya, lokasi tanah atau aset yang harus dilakukan melalui empat titik pemantauan, struktur tanah dan lain lain.

Hal ini harus dikaji secara cermat dan membutuhkan waktu yang tidak sebentar, baru nanti hasilnya akan diputuskan lokasi mana yang dipilih, baru akan menentukan nilai anggarannya. Penentuan anggaran akan dilakukan oleh Kemenkumham, Bappenas dan Kemenkeu.

"Kajian yang dilakukan oleh tim ini bukan lah sederhana, kita tunggu saja hasilnya dulu. Baru nanti bisa diputuskan lokasi mana yang dipilih kemudian juga anggaran yang dibutuhkan," jelas dia, Rabu (25/5/2022).

Menurut dia, tahapan proses relokasi Lapas Kelas IIB Blitar meliputi proses hibah tanah aset dari Pemkot Blitar ke Kemenkumham. Selanjutnya, proses perencanaan dan penganggaran yang dilakukan kerja sama antara Kemenkumham, Bappenas RI, dan Kemenkeu. Kemudian dilakukan proses pembangunan, setelah selesai para tahanan akan dipindah ke gedung Lapas yang baru.

Tahap terakhirnya, gedung Lapas yang lama di sebelah timur Aloon Aloon Kota Blitar akan dihibahkan ke Pemerintah Kota Blitar untuk bisa dimanfaatkan sesuai dengan kebutuhan.

"Prosesnya itu banyak, prosedurnya panjang dan kita ngga bisa mastiin kapan dan bulan apa akan dimulai, yang pasti secepatnya, karena ini berkaitan dengan banyak stakeholder," ucapnya.

Sementara itu Wali Kota Blitar Santoso menyampaikan, nantinya gedung bekas Lapas Kelas IIB Blitar yang dihibahkan ke Pemerintah Kota Blitar akan dimanfaatkan untuk meningkatkan perekonomian masyarakat sekitar. Seperti penataan Kota Blitar mulai dari bisa dijadikan sebagai tempat parkir, pertokoan ataupun yang lainnya.

"Ya yang pasti untuk penataan Kota Blitar menuju yang lebih baik lagi," tambah dia.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar