Usai Menerapkan ETLE, Kini Polres Blitar Kota Mulai Operasikan Mobil INCAR

KBRN, Blitar : Demi mendukung penerapan program sistem tilang elektronik atau Electronic Traffic Law Enforcement (ETLE), kini Polres Blitar Kota mulai meluncurkan dan mengoperasikan mobil INCAR atauintegrated node capture attitude record. Ini merupakan sistem tilang elektronik dengan perangkat pendukung yang terpasang pada atap mobil polisi.

Kapolres Blitar Kota, AKBP Argo Wiyono menjelaskan, cara kerja dari sistem tilang elektronik mobil INCAR ini sama dengan ETLE. Hanya saya yang membedakan cara melakukan pengawasan dan penangkapan terhadap pelanggar lalu lintas yakni secara mobile atau berkeliling melalui kamera yang terpasang di atap mobil polisi. Sedangkan ETLE perangkat kamera pengawasnya statis atau terletak pada lokasi tertentu yakni di persimpangan traffic light.

"Iya betul cara kerjanya sama dengan ETLE, tapi kalau mobile INCAR itu kamera pengawasan berada di atap mobil polisi," jelasnya,Kamis (19/5/2022).

AKBP Argo Wiyono juga menerangkan, pada pelaksanaannya mobil INCAR ini nanti akan melakukan patroli secara berkala yakni dalam satu hari dilakukan tiga kali setiap pagi, sore dan malam. Nantinya, mobil INCAR akan berhenti di titik-titik tertentu yang rawan terjadi pelanggaran lalu lintas seperti di dekat pasar maupun di dekat terminal.

"Ya nanti akan patroli secara berkala setiap harinya, mobil INCAR akan berhenti di titik titik tertentu yang lokasinya rawan terjadi pelanggaran lalu lintas," terang dia.

Ia juga mengaku, untuk saat ini operasional mobil INCAR masih dalam tahap sosialisasi kepada masyarakat. Artinya, dalam jangka waktu satu bulan kedepan masih dilakukan tahap uji coba, pihaknya tidak akan memberikan penindakan sanksi tilang kepada pelanggar lalu lintas yang tertangkap oleh sistem INCAR melalui perangkat kameranya.

"Selama satu bulan ini kami masih melakukan sosialisasi dan belum melakukan penindakan terhadap pelanggar lalu lintas," ujar dia.

Sekedar diketahui, bersamaan dengan dilaunchingnya program tilang elektronik mobil INCAR pada Kamis (19/05/2022). Polres Blitar Kota juga menginformasikan jika sistem tilang elektronik atau Electronic Traffic Law Enforcement (ETLE) mulai diberlakukan di wilayah hukum Polres Blitar Kota. Artinya, setelah sebelumnya, selama satu bulan dilakukan sosialisasi, kini sudah mulai dilakukan penindakan hukum. Dimana, para pelanggar lalu lintas akan mendapat surat klarifikasi yang disertai dengan nilai nominal dan jenis pelanggaran. ETLE sendiri berada ditiga titik meliputi persimpangan Jalan Kenari atau Plosokerep, pertigaan Herlingga atau Jalan S Supriyadi dan perempatan Pakunden atau Jalan Tanjung.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar