Warga dengan Komorbid Diimbau Tetap Pakai Masker

Wali Kota Blitar, Santoso

KBRN, Blitar : Presiden Joko Widodo telah mengeluarkan kebijakan atau intruksi tentang pelonggaran penggunaan masker di ruang terbuka. Hal ini mendapat respon dan tanggapan yang positif dari sejumlah pihak.

Wali Kota Blitar, Santoso menyambut positif tentang intruksi ini. Tetapi, dalam intruksi tersebut juga disarankan bagi masyarakat yang memiliki penyakit komorbid agar tetap memakai masker ketika berada di ruang terbuka. Namun, bagi masyarakat yang kondisi kesehatannya fit dan sudah menjalani vaksinasi Covid-19 dosis kedua atau booster sudah diizinkan untuk tidak memakai masker ketika berada di ruang terbuka.

"Kita sangat mengapresiasi apa yang telah disampaikan oleh Presiden Jokowi, tetapi bagi masyarakat yang memiliki penyakit komorbid juga tetap diminta memakai masker ketika berada di ruang terbuka," ucap dia, Jumat (20/5/2022).

Menurut Santoso, dengan adanya kebijakan ini menunjukan bahwa kran kebebasan dalam beraktivitas sudah mulai dilakukan. Untuk itu bagi masyarakat, harus bisa memahami kapan waktu yang tetap untuk melepas masker dan memakai masker. Ia tetap mengingatkan kepada masyarakat yang memiliki penyakit komorbid untuk lebih berhati hari dan waspada.

"Itu artinya kran kebebasan dalam beraktivitas sehari hari sudah mulai dibuka," katanya.

Santoso juga menambahkan, untuk di tempat wisata yang ada di Kota Blitar pihaknya juga sudah mulai melakukan pelonggaran dan mengijinkan pengunjung tidak memakai masker. Namun, penerapan aplikasi PeduliLindungi akan tetap dipraktekkan secara ketat, untuk bisa mendeteksi pengunjung berasal dari daerah mana saja. Artinya, daerah steril dari Covid-19 atau tidak.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar