Persiapan Berangkat ke Tanah Suci, CJH Kota Blitar Akan Jalani Tes Kebugaran Jasmani

KBRN, Blitar : Setelah dua tahun gagal ke berangkat ke tanah suci untuk menjalankan ibadah haji dikarenakan pandemi Covid-19. Akhirnya, pada tahun ini pintu keberangkatan bagi calon jamaah haji atau CJH asal Indonesia sudah dibuka. Itu artinya, dalam waktu dekat CJH akan segera berangkat menuju ke Arab Saudi.

Menanggapi hal tersebut Kepala Dinas Kesehatan Kota Blitar Dr. Dharma Setiawan mengatakan, sejumlah persiapan dari sisi kesehatan juga terus dilakukan oleh CJH asal Kota Blitar yang dipastikan akan berangkat tahun ini. Mulai dari kelengkapan vaksinasi, tes kesehatan dan lain lainnya.

"Tentu saja persiapan dari sisi kesehatan sudah mulai dilakukan, seperti vaksinasi, tes kesehatan dan yang lainnya," kata dia, Kamis (19/5/2022).

Dijelaskan dr. Dharma Setiawan, masing masing CJH harus bisa dipastikan bahwa kondisi fisiknya sehat dan fit. Untuk itu pihaknya berkoordinasi dengan tim kesehatan yang ada di tiap tiap puskesmas untuk melakukan kegiatan memantau kondisi kesehatan CJH utamanya potensi penyakit tidak menular seperti hipertensi hingga kencing manis. Artinya, mereka harus selalu mengkonsumsi obat obatan secara rutin.

"Mereka yang akan berangkat ke tanah suci kan kondisinya harus bagus, sehat dan fit. Kami berkoordinasi dengan tim kesehatan yang ada di puskesmas melakukan pengawasan kondisi kesehatan utamanya potensi adanya CJH yang mengidap penyakit tidak menular," jelas dia.

Tak hanya itu saja, kata dr. Dharma, sebelum berangkat ke tanah suci seluruh CJH asal Kota Blitar juga diwajibkan untuk mengikuti serangkaian tes kebugaran jasmani yang akan dilakukan di masing masing Puskesmas yang ada di Kecamatan. Kegiatan ini wajib untuk dilakukan agar bisa mengetahui  tingkat kebugaran maupun kesehatan fisik bagi CJH, sehingga saat nanti akan melakukan ibadah haji ditanah suci sudah siap semuanya.

"Sebentar lagi CJH asal Kota Blitar segera melakukan tes kebugaran jasmani yang akan kami pusatkan di masing masing puskesmas yang ada di tingkat Kecamatan," ungkapnya.

Sementara itu, Kasi Penyelenggaraan Haji dan Umroh Kantor Kemenag Kota Blitar, Habibur Rohman sebelumnya mengatakan, pada tahun ini Kota Blitar mendapat kuota calon jamaah haji sebanyak 40 orang dan 14 CJH cadangan dari Kemenag untuk keberangkatan 2022.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar