Sepulang dari Jakarta, Satu Warga Kota Blitar Dinyatakan Positif Covid-19

KBRN, Blitar : Selama hampir kurang lebih tiga bulan Kota Blitar tidak ada kasus Covid-19 atau nol kasus. Namun, kini memasuki akhir bulan Januari 2022 terdapat satu kasus terkonfirmasi positif Covid-19. Satu pasien baru Covid-19 di Kota Blitar merupakan seorang perempuan yang baru saja pulang dari Jakarta.

Hal ini disampaikan oleh Sekertaris Satgas Covid 19 Kota Blitar, Toto Robandiyo. Seorang pasien ini dinyatakan terkonfirmasi positif Covid 19 pada Kamis (27/1/2022) kemarin. Sepulang dari Jakarta, yang bersangkutan merasakan tidak enak badan kemudian memeriksakan diri ke RSUD Mardi Waluyo dan menjalani tes swab PCR. Kemudian hasilnya dinyatakan terkonfirmasi positif Covid-19.

"Dia ini baru saja pulang dari Jakarta, dan merasa tidak enak badan kemudian periksa ke RSUD Mardi Waluyo menjalani tes PCR dan hasilnya negatif," terang Toto Robandiyo saat ditemui, Jumat (28/1/2022).

Dijelaskan Toto, pasien tersebut saat ini tengah menjalani isolasi mandiri di rumahnya dan tidak di rumah isolasi. Hal ini dikarenakan yang bersangkutan tidak mengalami gejala berat. Selain itu, hasil pengecekan Satgas Covid-19, kondisi rumah pasien juga memenuhi syarat untuk melaksanakan isolasi mandiri.

"Yang bersangkutan ini melakukan isolasi mandiri di rumah, karena ia tak merasakan gejala yang berat. Kemudian, hasil pengecekan petugas rumah pasien memenuhi syarat untuk melaksanakan isolasinya mandiri," jelasnya.

Toto Robandiyo mengaku untuk tracing yang dilakukan petugas, ada dua orang anggota keluarganya sudah menjalani tes swab PCR dan hasilnya dinyatakan negatif. Meskipun begitu, dua orang ini tetap menjalani isolasi mandiri di rumah, dan satu pasien yang dinyatakan terkonfirmasi positif Covid-19 ini berada dalam ruangan khusus yang ada di rumahnya.

"Tracing sudah, dan dua orang anggota keluarganya yang lain sudah tes swab PCR dan hasilnya negatif," kata dia.

Dengan adanya tambahan satu kasus terkonfirmasi positif Covid-19 di Kota Blitar ini. Toto mengimbau agar masyarakat tidak khawatir dan diminta tetap disiplin menerapkan protokol kesehatan pencegahan Covid-19.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar