Anak Anak di Kota Blitar Dipastikan Hanya Disuntik Vaksin Sinovac

KBRN, Blitar : Kementerian Kesehatan (Kemenkes) telah mengeluarkan kebijakan bahwa penggunaan vaksin sinovac hanya diperuntukkan untuk anak anak. Hal ini tertuang dalam surat edaran Kemenkes Nomor SR02.06/II/266/2022 tentang Tindak Lanjut Pelaksanaan Vaksinasi Covid-19 Anak Usia 6-11 Tahun dan Penggunaan Vaksin Sinovac.

Menanggapi hal ini, Kepala Dinas Kesehatan Kota Blitar Dr. Dharma Setiawan mengatakan, menindaklanjuti SE tersebut mulai pekan ini pihaknya sudah memberlakukan bahwa pemberian vaksin sinovac hanya untuk usia anak anak. Namun, jika ada masyarakat yang belum vaksinasi Covid 19 dosis kedua yang mana pada vaksin pertama menggunakan jenis sinovac, maka akan tetap dilayani.

"Menindaklanjuti SE Kemenkes itu kami langsung menerapkannya dan hanya memberikan vaksin sinovac untuk usia anak anak saja, tapi kalau ada masyarakat yang belum vaksin dosis kedua jenis sinovac maka akan tetap kami layani," jelas Dr. Dharma Setiawan, Jum'at (28/1/2022).

Menurut Dr. Dharma Setiawan, pihaknya kini tengah intens melakukan pemberian vaksinasi Covid 19 dosis kedua kepada anak anak usia 6-11 tahun. Mengenai stok vaksin jenis sinovac, pihaknya memastikan dalam kondisi aman dan bisa mencukupi hingga pemberian vaksin dosis kedua untuk anak anak usia 6-11 tahun selesai dilakukan.

"Setelah adanya SE itu, kami langsung melakukan dan menerapkannya. Kalau untuk stok banyak ya dan aman mencukupi semuanya," kata dia.

Sekedar diketahui, sebelumnya Dinas Kesehatan Kota Blitar menargetkan pemberian vaksinasi anak anak usia 6-11 tahun bisa tuntas pada Februari. Kemudian awal Maret sudah mulai fokus dan intens pemberian vaksin Covid 19 booster untuk lansia.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar