Pemkot Blitar Masih Menunggu Juknis Karantina Kepulangan Pekerja Migran Indonesia

KBRN, Blitar : Pemerintah Kota Blitar telah menerima kabar jika pada Rabu (26/1/2022) pekerja migran Indonesia (PMI) bakal pulang ke daerah masing masing, termasuk ke Kota Blitar.

Menanggapi hal ini, Ketua Rumah Isolasi (Rumis) di kampus Polkesma Jalan Dr. Soetomo, Agus Sabtoni mengatakan, hingga kini pihaknya masih belum menerima informasi tentang jumlah data PMI yang pulang ke Kota Blitar. Selain itu, ia juga masih menunggu intruksi dari Pemerintah Provinsi Jawa Timur tentang juknis karantina bagi PMI yang pulang ke daerah asalnya.

"Kalau untuk jumlah dan teknis karantina nya bagaimana, kita belum dapat kabar ya. Tapi kalau kapan nya itu sudah ada yaitu tanggal 26 Januari besok itu," terang Agus, Senin (24/1/2022).

Agus Sabtoni menjelaskan, sejauh ini sesuai Intruksi dari Pemprov Jatim karantina bagi PMI dilakukan di Surabaya. Namun, pada Senin (24/1/2022) akan kembali dibahas dan dirapatkan oleh pejabat terkait untuk memutuskan aturan teknis pelaksanaan karantina bagi PMI yang pulang ke daerah asalnya.

"Kalau sementara itu karantinanya di surabaya, tetapi hari ini masih akan dirapatkan dan putuskan mengenai aturan tersebut," jelas Agus Sabtoni.

Ia juga menambahkan, pada prinsipnya jika karantina bagi PMI dilakukan di masing masing daerah Kabupaten/Kota. Pemerintah Kota Blitar sudah menyiapkan lokasi karantina di rumah isolasi kampus Polkesma di jalan Dr. Soetomo. Ada dua fasilitas yang disediakan yakni rumah isolasi dan karantina.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar