Kota Blitar Satu-satunya Daerah di Jatim yang Masuk Zona Hijau Covid-19

KBRN, Blitar : Dinas Kesehatan Kota Blitar memastikan jika Kota Blitar menjadi satu satunya daerah di Jawa Timur yang masuk zona hijau Covid-19. Hal ini berdasarkan penilaian Gugus Tugas melalui aplikasi Bersatu Lawan Covid-19 (BLC). 

Menanggapi hal ini, Kepala Dinas Kesehatan Kota Blitar, dr. Dharma Setiawan mengatakan, sejak pekan lalu status Covid-19 nol kasus, kemudian dari BLC yang ada di Jakarta menetapkan Kota Blitar menjadi satu satunya daerah di Jawa Timur yang masuk zona hijau Covid-19.

"Selama ini kan sudah tidak ada kasus ya, seminggu yang lalu pun juga nol kasus. Lalu sama BLC di Jakarta menetapkan Kota Blitar menjadi satu satunya daerah di Jatim yang masuk zona hijau," terang dr. Dharma Setiawan, Senin (17/1/2022).

Menurut dia, ada beberapa faktor yang membuat Kota Blitar menjadi satu satunya daerah di Jatim yang masuk zona hijau. Diantaranya, tidak ada kasus baru dan tidak ada kematian akibat Covid-19 di Kota Blitar selama sepekan. Kemudian, pelaksanaan testing juga lebih tinggi yakni lebih dari 600 orang dalam sepekan.

"Ada beberapa faktor yang membuat Kota Blitar menjadi satu satunya daerah di Jatim yang masuk zona hijau Covid-19, soal kasus aktif, kematian hingga testing," kata dia.

Lebih lanjut ia menegaskan, penatapan zona hijau ini hanya berlaku selama satu pekan, selanjutnya akan dievaluasi kembali. Jika dalam sepekan ke depan ditemukan kasus baru Covid-19 maka bisa turun lagi ke zona kuning.

"Penetapan zona hijau ini hanya berlaku sepekan saja, kalau ke depan ini ada kasus maka status zona hijau ini akan turun ke zona kuning," tegasnya.

Sementara itu dikonfirmasi secara terpisah, Wali Kota Blitar, Santoso mengatakan, keberhasilan Kota Blitar berada pada zona hijau Covid 19 ini adalah berkat kedisiplinan masyarakat menetapkan protokol kesehatan. Untuk itu, ia menghimbau masyarakat untuk terus disiplin agar status zona hijau Covid-19 di Kita Blitar bisa dipertahankan.

"Ini semua berkat kedisiplinan masyarakat, oleh karena itu kami meminta agar selalu berdisiplin dalam penerapan prokes," tambahnya.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar