Penyelenggara Perjalanan Ibadan Umroh di Blitar Siap Berangkatkan Jamaah

KBRN,Blitar : Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas memastikan bakal memberangkatkan jamaah umroh pada  Desember 2021 ini. Hal ini dipastikan setelah otoritas penerbangan Arab Saudi, General Authority of Civil Aviation (GACA) membuka pintu bagi WNI.

Hal ini juga dibenarkan oleh Kasi Penyelenggaraan Haji dan Umrah Kantor Kementerian Agama Kota Blitar Habibur Rohman. Ia mengatakan, menindaklanjuti informasi tersebut pihaknya langsung melakukan koordinasi dengan dua Penyelenggara Perjalanan Ibadah Umroh (PPIU) yang ada di Blitar.

"Ya betul adanya informasi itu, kami kemarin langsung melakukan koordinasi dengan PPIU yang berada di Blitar, seperti apa kesiapannya disana dan lain lain. Meskipun begitu, tidak serta merta jamaah umroh asal Kota Blitar bisa langsung diberangkatkan pada awal bulan ini, tetapi melalui beberapa prosedur," ungkapnyaungkapnya,  Kamis (2/12/2021). 

Menurut dia, hasil koordinasi dengan dua PPIU yang ada di Kota Blitar yaitu belum ada satupun pihak travel yang memberangkatkan jamaah umroh, dan saat ini kedua PPIU ini tengah melakukan pendataan, dan memitigasi kelengkapan administrasi jamaah umroh. Sehingga, ia memastikan belum bisa mengetahui jumlah jamaah umroh yang nantinya bisa berangkat ke tanah suci.

"Jadi, mereka ini pihak travel masih mendata dan melakukan pengecekan kelengkapan administrasi bagi masing masing jamaah umroh mulai dari paspor, sudah vaksin atau belum dan lain lain," ujar dia.

Habibur Rohman mengaku, saat ini masing masing PPIU masih menunggu aturan resmi dari pemerintah tentang juknis pelaksanaan perjalanan ibadah umroh dimasa pandemi Covid 19. Jika juknis sudah dikeluarkan, ia memastikan setiap PPIU sudah siap untuk memberangkatkan jamaah umroh asal Kota Blitar.

"Meski keberangkatan ke tanah suci sudah boleh untuk jamaah umroh, namun untuk juknis nya saat ini belum ada. Jadi, intinya kita masih menunggu itu," kata dia.

Lebih lanjut ia menambahkan, keberangkatan jamaah umroh merupakan tanggung jawab dari pihak Penyelenggara Perjalanan Ibadah Umroh (PPIU), sehingga jamaah umroh yang akan berangkat lebih dulu akan diprioritaskan kepada mereka yang sudah mendaftar lebih dulu.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar