Sanksi Tegas Menanti PNS yang Nekat Cuti Saat Libur Nataru

KBRN, Blitar : Pemerintah Pusat telah membuat kebijakan baru yang menyebutkan pada tanggal 24 Desember 2021 hingga 2 Januari 2022 seluruh daerah di Indonesia wajib menerapkan PPKM Level 3. Hal ini diberlakukan untuk mencegah terjadinya lonjakan kasus Covid-19.

Guna mendukung aturan tersebut, Pegawai Negeri Sipil (PNS) dan masyarakat umum dilarang melakukan cuti atau bepergian ke luar daerah selama periode itu. Hal ini disampaikan oleh Walikota Blitar Santoso.

"Betul jadi semua Intruksi dari Kemenpan RB bagi PNS dilarang bepergian pada periode tanggal tersebut, hal itu juga berlaku bagi masyarakat umum yang aturannya tertuang pada Inmendagri no 62," terang Santoso.

Santoso menegaskan, ia bakal memberikan sanksi yang tegas bagi PNS yang diketahui nekat melakukan cuti atau bepergian keluar daerah pada periode tanggal tersebut. Sehingga, ia meminta kepada seluruh PNS bisa mematuhi aturan itu dan memberikan contoh yang baik bagi masyarakat.

"Ya pasti kalau ada yang nekat cuti atau nekat pergi ke luar daerah nanti akan kami beri sanksi yang tegas," ucapnya.

Sementara itu, Menurut Santoso, jika ada PNS yang sudah terlanjur mengajukan permohonan cuti pada libur Natal 2021 dan Tahun Baru 2022 untuk segera dibatalkan.

"Kalau ada yang sudah terlanjur mengajukan cuti, saya minta secepatnya untuk dibatalkan," tegasnya.

Meski Pemerintah Pusat melarang masyarakatnya untuk mengajukan cuti dan bepergian ke luar daerah selama libur Nataru, namun untuk operasional pembukaan  pembukaan tempat wisata, tempat perbelanjaan, serta tempat ibadah kebijakanya diserahkan ke Pemerintah Daerah masing masing.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar